RI Butuh 3,3 Juta Wirausaha Baru untuk Jadi Negara Maju

on Feb 18, 2013 at 12:00 WIB

Jumlah wirausaha Indonesia yang saat ini masih sekitar 700 ribu belum memenuhi kuota dari ketentuan yang disyaratkan untuk negara maju yakni minimal 2% dari total penduduk Indonesia.

Padahal untuk Indonesia dengan basis penduduk 240 juta jiwa, membutuhkan minimal 4 juta wirausaha. Dengan demikian, Indonesia masih kekurangan sekitar 3,3 juta wirausaha supaya bisa disebut negara maju.

"Jumlah wirausaha kita masih di bawah 2% atau 700 ribu orang," ujar Deputi Bidang Industri dan Perdagangan, Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Eddy Putra Irawady di Jakarta, Senin (18/2/2013).

Menurut Eddy, di samping memiliki posisi perekonomian yang kuat dan keunggulan komparatif sumber daya alam, angkatan kerja muda Indonesia terbilang produktif.

"Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) wirausaha baik yang terdaftar maupun tidak jumlahnya lebih dari 56 juta. Dari angka itu, sebagian besar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), petani, nelayan, pedagang asongan, dan industri rumahan," papar dia.(Fik/Ndw)

Credit Ndw

Suka artikel ini?

0 Comments