Sukses

RI Butuh 3,3 Juta Wirausaha Baru untuk Jadi Negara Maju

Indonesia membutuhkan 3,3 juta wirausaha baru untuk menjadi negara negara maju. Saat ini, jumlah wirausaha di Indonesia hanya 700 ribu orang.

Jumlah wirausaha Indonesia yang saat ini masih sekitar 700 ribu belum memenuhi kuota dari ketentuan yang disyaratkan untuk negara maju yakni minimal 2% dari total penduduk Indonesia.

Padahal untuk Indonesia dengan basis penduduk 240 juta jiwa, membutuhkan minimal 4 juta wirausaha. Dengan demikian, Indonesia masih kekurangan sekitar 3,3 juta wirausaha supaya bisa disebut negara maju.

"Jumlah wirausaha kita masih di bawah 2% atau 700 ribu orang," ujar Deputi Bidang Industri dan Perdagangan, Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Eddy Putra Irawady di Jakarta, Senin (18/2/2013).

Menurut Eddy, di samping memiliki posisi perekonomian yang kuat dan keunggulan komparatif sumber daya alam, angkatan kerja muda Indonesia terbilang produktif.

"Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) wirausaha baik yang terdaftar maupun tidak jumlahnya lebih dari 56 juta. Dari angka itu, sebagian besar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), petani, nelayan, pedagang asongan, dan industri rumahan," papar dia.(Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.