by

Medco Power Habiskan Rp 261,9 Miliar untuk PLTP Sarulla

  • Energi & Tambang
  • 0
  • 19 Feb 2013 10:53
PT Sarulla Operational Limited (SOL), konsorsium yang dipimpin PT Medco Power Indonesia,  telah menghabiskan dana US$ 27 juta atau setara Rp 261,9 miliar untuk proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Sarulla, di Tapanuli Utara Sumatera Utara berkapasitas 3 x 110 megawatt (MW).

"Konsorsium sudah habis sekitar US$ 27 juta sampai sekarang," jelas Presiden Direktur Medco Power Fazil E Alfitri saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (19/2/2013).

Dana itu digunakan untuk pembebasan lahan, survei engineering, serta survei jalur transmisi. Perseroan juga mulai mengaktifkan 2 dari 13 sumur yang sudah ada di wilayah kerja panas bumi tersebut.

"Malah tahun ini kami perlu melakukan test produksi utk satu sumur, dalam rangka sertifikasi reservoir," tuturnya.

Konsorsium tetap optimistis penyelesaian pembangkit US$ 1,4 miliar-US$ 1,5 miliar tersebut bisa selesai tepat waktu. Unit pertama dari pembangkit tersebut bisa selesai pada akhir 2014. disusul unit lainnya  pada 2015.

"Unit 3 beroperasi pada 2016," jelas dia.

Sarulla Operational Limited adalah konsorsium yang dibentuk oleh Medco untuk menggarap proyek tersebut. Pemegang saham lain perseroan adalah Ormat Technologies, Amerika Serikat dan dua perusahaan asal Jepang: Kyuden International dan Itochu Corp.

Konsorsium rencananya akan meminjam sekitar US$ 900 juta dari Japan Bank for International Cooperation dan Bank Pembangunan Asia serta bank komersial lainnya untuk mendukung pendanaan proyek ini. Sisanya, berasal dari modal yang disetorkan para anggota konsorsium Sarulla Operational Limited. (Ndw) (Ndw)
Comments
Sign in to post a comment