by

20 Negara dengan Harga Bensin Termahal dan Termurah di Dunia

  • Energi & Tambang
  • 0
  • 23 Feb 2013 16:44
Bahan bakar minyak (BBM) sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat di dunia manapun. Meski berasal dari sumber yang sama di dasar bumi, bbm atau lebih dikenal bensin memiliki harga bervariasi di berbagai belahan dunia karena perbedaan banyak faktor.

Ada sejumlah negara yang terkenal dengan harga bensin yang tinggi. Sebaliknya, ada pula negara yang memiliki harga bensin yang murah.

Bloomberg melansir harga bensin di 60 negara. Ternyata, Indonesia menempati urutan ke 49 dari 60 negara di dunia yang memiliki harga bensin tertinggi.

Harga per galon bensin RI adalah US$ 3,68. Sementara rata-rata pendapatan harian adalah US$ 11. Artinya 33% pendapatan harian orang Indonesia digunakan untuk membeli bensin.

Indonesia mengkonsumsi 0,08 galon BBM per hari, kurang dari sepertiga rata-rata konsumsi global.

Berikut daftar 10 negara yang memiliki harga BBM lebih murah dari Indonesia dalam hitungan galon, berdasarkan peringkat data yang dikutip dari Bloomberg, Sabtu (23/2/2013), yakni:

1. Russia, US$ 3,47
2. United States, US$ 3,29
3. Meksiko, US$ 3,22
4. Malaysia, US$ 2,36
5. Nigeria, US$ 2,34
6. Iran, US$ 2,15
7. Uni Emirat Arab, US$ 1,77
8. Mesir, US$ 1,14
9. Kuwait, US$ 0,81
10. Saudi Arabia, US$ 0,45

Jika Anda mengira biaya transportasi yang Anda keluarkan tiap hari sangat besar?, Coba lihat dulu daftar negara dengan harga bensin termahal berikut ini dan penyebabnya. Anda pasti akan tercengang.

1. Turki, harga bensin per galon: US$ 9,89

Turki adalah negara ekonomi terbesar di Eropa Timur dengan pendapatan mencapai US$ 800 miliar. Meski demikian, harga bahan bakarnya yang paling mahal di dunia, juga membuat negara ini cenat-cenut.

Rata-rata pendapatan harian orang Turki adalah US$ 30, dan sepertiganya sendiri untuk beli satu galon bensin.

Turki mengalami masalah pajak yang sangat berat. Sekitar 40% pendudukan bekerja di sektor informal dan tidak membayar pajak. Hanya sekitar 4% dari total populasinya yang membayar pajak penghasilan.

Dalam beberapa tahun terakhir Turki telah meningkatkan basis pendapatan melalui pajak konsumsi seperti pajak bahan bakar, yang relatif mudah untuk diterapkan.

Negara ini memiliki salah pajak bahan bakar yang tertinggi, yang menyumbang lebih dari setengah dari biaya untuk bahan bakar.

2. Norwegia, harga bensin per galon: US$ 9,63

Norwegia adalah negara penghasil minyak yang tetap menjual dengan harga mahal, meski di negaranya sendiri. Daripada memberikan subsidi BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum, negara ini lebih memilih menggunakan keuntungan minyak tersebut untuk layanan, seperti pendidikan tinggi gratis, dan tabungan untuk perbaikan infrastruktur.

Pendapatan rata-rata harian adalah US$ 280. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon gas adalah 3,4%.

3. Belanda, harga bensin per galon: US$ 9,09

Belanda memiliki pengguna sepeda kayuh paling banyak di dunia. Parkir sepeda berderetan di stasiun kereta api, museum dan taman nasional. Infrastruktur besar jalur sepeda dan jalur, terowongan dan sinyal lalu lintas membuat akses bersepeda lebih mudah.

Pendapatan rata-rata harian di Belanda adalah US$ 125. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon gas adalah 7,3%.

4. Italia, harga bensin  per galon: US$8,87

Harga bensin mulai melompat tak lama setelah Perdana Menteri Mario Monti berkuasa pada November 2011. Italia menaikkan pajak BBM sekitar 25 %, kedua tertinggi di Eropa Barat setelah Belanda, sebagai bagian dari upaya penghematan untuk mengendalikan anggaran negara.

Italia kini menghabiskan anggaran yang sama setiap minggunya untuk BBM dan makan.

Menurut kelompok perdagangan, Coldirettu, kenaikan biaya tangki 60 liter (16 galon) mobil sekitar US$ 142, kira-kira sama dengan rata-rata anggaran satu rumah tangga Italia pada makanan.

Pendapatan rata-rata harian di Italia adalah US$ 88. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon gas adalah 10%.

5. Portugal, harga bensin per galon: US$8,82

Pajak menyumbang 64% dari harga BBM di Portugal. Itu lebih tinggi daripada di negera tetangganya, Spanyol. Kondisi ini menyebabkan banyak pengemudi memilih menyeberangi perbatasan untuk mengisi bensin, yang harganya jauh lebih murah.

Pajak BBM adalah salah satu dari beberapa pungutan yang ditingkatkan di Portugal sejak 2001, yang bertujuan untuk melindungi lingkungan. Pajak kendaraan memperhitungkan emisi karbondioksida karbon dan kapasitas silinder, dengan maksud armada yang lebih efisien di jalan.

Pendapatan rata-rata harian di Portugal adalah US$ 53. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon gas adalah 17%.

6. Yunani, harga bensin per galon: US$8,62

Di tengah krisis finansial yang sedang berlangsung, upah di Yunani mengalami penurunan. Sementara itu pajak BBM sejak 2009 naik, ketiga tertinggi di Eropa.

Rata-rata penghasilan harian orang Yunani US$ 58. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon bahan bakar adalah 15 %.

7. Swedia, harga bensin per galon: US$ 8,50

Harga energi di Swedia dikenakan pajak atas polusi knalpot, termasuk karbondioksida, gas rumah kaca yang paling berbahaya. Tidak terpengaruh dengan hal tersebut, Swedia tetaplah konsumen 10 terbesar bensin di dunia.

Dengan pendapatan harian yang tinggi rata-rata US$ 153, pangsa upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon gas adalah 5,5%.

8. Belgia, harga bensin per galon: US$ 8,41

Pendapatan rata-rata harian di Belgia adalah US$ 117. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon gas adalah 7,2%. Belgia mengkonsumsi 0,15 galon gas per hari, kurang dari rata-rata 60 negara yang sebesar 0,25 galon.

9. Perancis, harga bensin per galon: US$ 8,38

Dari peringkat 60 negara, Perancis menduduki peringkat kesembilan negara dengan harga bensin tertinggi.

Pada 2012, para politisi mendorong untuk memotong pajak untuk mengurangi harga eceran. Namun, dengan penghasilan rata-rata harian sebesar US$110, dan tingkat konsumsi bensin yang di bawah rata-rata, Perancis menghabiskan proporsi yang relatif kecil dari gaji mereka. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon bensin 7,6%.

10. Denmark, harga bensin per galon: US$ 8,22

Pendapatan rata-rata harian adalah US$ 151. Bagian upah sehari yang dibutuhkan untuk membeli satu galon bahan bakar adalah 5,4%.

Pemerintah Eropa biasanya memiliki pajak BBM tertinggi, sehingga meningkatkan biaya untuk konsumen ritel. Denmark menempati peringkat ketujuh negara Eropa dalam hal pajak BBM tertinggi. (Est/Nur)
Comments
Sign in to post a comment