Sukses

Bankir: Agus Martowardojo Cocok Jadi Gubernur BI

Asosiasi Bank-bank Pembangunan Daerah (Asbanda) menilai pengajuan nama Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai calon Gubernur BI merupakan langkah yang tepat.

Asosiasi Bank-bank Pembangunan Daerah  (Asbanda) menilai pengajuan nama Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai calon Gubernur Bank Indonesia (BI) merupakan langkah yang tepat.

Menurut Ketua Umum Asbanda Eko Budiwijono, Agus merupakan sosok yang memiliki integritas tinggi, disiplin dan pekerja keras.

Di samping itu, mantan Bos Bank Mandiri tersebut juga dinilai memiliki pengetahuan teori dan praktek di bidang moneter maupun fiskal, serta sektor riil yang sangat baik.

"Jadi sangat tepat bila memang Presiden SBY mencalonkan Pak Agus sebagai Gubernur BI," kata Eko saat berbincang dengan Liputan6.com, Minggu (24/2/2013).

Secara personal, Eko mengenal sosok Agus dengan cukup baik karena dirinya telah banyak bekerja sama semasa dirinya menjadi Sekretaris Jenderal Ikatan Bankir Indonesia (IBI) dan Agus menjadi Ketua IBI. 

"Saat ini saya juga anggota tim asistensi Menkeu di bidang treasury. Jadi menurut hemat saya, beliau akan dapat menjalankan tugasnya dengan baik" jelas Direktur Utama Bank DKI ini.

Seperti diketahui, Presiden SBY telah mengajukan nama Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai kandidat Gubernur BI.

Dikutip dari laman Reuters, Jumat (22/1/2013), salah seorang sumber di DPR mengungkapkan usulan kandidat tunggal tersebut.

Kabar mengenai pencalonan Agus Martowardojo sebagai calon Gubernur BI disampaikan anggota DPR RI, Pramono Anung dalam akun twitternya @pramonoanung. Dalam jejaring sosial tersebut, Pramono mengatakan, "Presiden telah mengusuklan Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia."

Namun yang jelas kepastian mengenai pencalonan Agus Martowardojo kemungkinan baru bisa diketahui dalam rapat paripurna DPR yang akan berlangsung, Selasa (26/2/2013).

Munculnya nama Agus Martowardojo termasuk mengejutkan mengingat banyak kalangan yang menduga Darmin Nasution bakal kembali melanjutkan periode jabatannya untuk yang kedua kalinya.

Sebagai informasi, masa jabatan Darmin Nasution akan habis pada 22 Mei 2013 mendatang. Tiga bulan sebelum masa jabatannya berakhir, presiden harus menyerahkan nama calon Gubernur BI yang baru untuk periode lima tahun mendatang.

Agus sendiri sebenarnya pernah dicalonkan menjadi kandidat Gubernur BI pada 2008 yang namanya diajukan oleh Presiden SBY bersama calon lain Raden Pardede.

Namun, Agus dan Raden kala itu tak lolos dalam uji kelayakan dan kepatutan DPR. Dan tahun 2008 gubernur BI yang terpilih adalah Boediono yang hanya menjabat satu tahun dari Mei 2008-Mei 2009. Boediono yang menggantikan Gubernur BI sebelumnya Burhanuddin Abdullah akhirmya maju bersama Presiden SBY di pilpres dan kini menjadi wakil presiden RI.

Tapi setelah gagal jadi Gubernur BI, Agus dipercaya Presiden SBY menjadi Menteri Keuangan menggantikan Sri Mulyani pada 19 Mei 2010.

Agus memiliki nama lengkap Agus Dermawan Wintarto Martowardojo. Mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini lahir di Amsterdam, Belanda, 24 Januari 1956.

Dia memulai karier di dunia perbankan setelah lulus sarjana ekonomi Universitas Indonesia pada 1984. Agus memulai pekerjaannya di Bank Niaga. Kemudian berlanjut ke Bank Bumiputera dan Bank Ekspor Impor Indonesia sebagai direktur utama. Sebelum ke Bank Permata dan Mandiri, Agus juga sempat bekerja di Badan Penyehatan Perbankan Nasional.

Akankah kali ini Agus bakal mulus menjadi Gubernur BI? (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini