Sukses

Kemenakertrans Ingin Cetak 10 Ribu Wirausaha Mandiri Tiap Tahun

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) menargetkan penciptaan 10 ribu wirausaha sukses yang bergerak di berbagai jenis usaha setiap tahun.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) menargetkan penciptaan 10 ribu  wirausaha sukses yang bergerak di berbagai jenis usaha setiap tahun.

Penciptaan wirausaha sukses ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memperluas lapangan dan kesempatan kerja baru serta menopang perekonomian negara.

“Keberadaan organisasi kemasyarakatan dibutuhkan dalam membantu pekermbangan kewirausahaan di Indonesia. Apalagi mereka langsung bersentuhan dengan masyarakat sehingga program-program pemerintah bisa dapat dengan cepat dilaksanakan di masyarakat” kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar, Senin (25/2/2013).

Dia menilai wirausaha merupakan salah satu solusi untuk menekan tingkat pengangguran yang terjadi saat ini.

Selain menciptakan pekerjaan bagi diri sendiri, wirausaha juga dapat membuka kesempatan kerja bagi orang lain.

Idealnya, kata  Muhaimin, Indonesia masih membutuhkan 4,76 juta wirausahawan atau sekitar 2% dari seluruh penduduk untuk mencapai kondisi ideal.

“Sayangnya, penduduk Indonesia yang berprofesi sebagai wirausahawan masih terbilang minim dan terbatas, baru mencapai 0,18% dari total 238 juta penduduk Indonesia," ungkap dia.

 Pemerintah, tambah Muhaimin, menetapkan kebijakan-kebijakan pokok untuk membangkitkan dan mengembangkan potensi terpendam calonwirausaha, membentuk wirausaha baru dan mengembangkan wirausaha yang ada serta pendampingan wirausaha.

Dia menyebutkan sasaran kelompok masyarakat yang menjadi calon grup kewirausahaan adalah penganggur/masyarakat miskin di pedesaan, penganggur terdidik di perkotaan, calon TKI, TKI dan formal dan transmigran/calon transmigran. (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini