Sukses

DPR Resmi Terima Nama Agus Martowardojo Jadi Calon Gubernur BI

Kepastian mengenai pencalonan tunggal Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, sebagai gubernur Bank Indonesia akhirnya resmi disampaikan DPR.

Kepastian mengenai pencalonan tunggal Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, sebagai gubernur Bank Indonesia akhirnya resmi disampaikan DPR.

Dalam Sidang Paripurna DPR, di Kompleks Senayan, Jakarta, Selasa, (26/2/2013), Ketua DPR RI, Marzuki Alie mengungkapkan pihaknya telah menerima dua surat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dimana salah satunya terkait tentang pengajuan nama calon gubernur BI.

Pencalonan Agus Martowardojo tertuang dalam surat presiden nomor R07 yang diterima DPR pada 23 Februari 2013.

Sementara satu surat lainnya bernomor R07 berisi nama-nama calon anggota badan perlindungan konsumen yang diterima pada 20 Februari 2013.

"Surat presiden tersebut untuk ditindaklanjuti Badan Musyawarah DPR RI," kata Marzuki.

Sesuai ketentuan  dalam Undang-undang Bank Indonesia, gubernur BI diusulkan dan diangkat oleh presiden dengan Persetujuan BI.

"Calon gubernur BI yang diusulkan penetapan akan ditetapkan Keppres. Usul sekarang Agus Martowardojo yang menjabat sebagai Menkeu," katanya.

Seperti diketahui, usulan nama calon gubernur BI telah diketahui masyarakat sejak akhir pekan lalu. Secara mengejutkan, presiden mengusulkan nama Menteri Keuangan, Agus Martowardojo sebagai calon tunggal posisi orang nomor satu BI.

Padahal, sebagian pihak memperkirakan, Darmin Nasution akan kembali melanjutkan masa jabatannya untuk periode kedua. Jabatan Darmin sendiri akan berakhir pada 22 Mei 2018. (Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini