Sukses

Orang Terkaya RI, Garibaldi Thohir, Beli 35% Saham Operator 3?

Kelompok investor yang dipimpin miliarder Indonesia, Garibaldi Thohir, telah membentuk sebuah tim dengan perusahaan investasi Amerika Serikat untuk membeli 35% saham perusahaan telekomunikasi, PT Hutchinson 3 Indonesia.

Garibaldi diketahui telah menjalin kerjasama dengan Northstar Pacific, perusahaan yang terafiliasi dengan TPG Capital, untuk memborong 35% saham milik konglomerat Thailand yang merupakan pemilik Charoen Pokphand Group.

Dikutip dari laman Foxbusiness, Rabu (27/2/2013), penjualan 35% saham Hutchinson oleh Choroen ini menandai akhir kepemilikan perusahaan asal Thailand ini di bisnis telekomunikasi Indonesia. Charoen sebelumnya telah melepas 65% saham yang semula bernama PT Cyber Access ke Hutchinson Telecom.

Seperti diketahui, Charoen memang tengan membutuhkan dana cukup besar untuk membeli saham perusahaan keuangan HSBC Holding. Perusahaan milik Dhanin Chearavanont ini membutuhkan dana US$ 9,39 miliar untuk mencaplok saham HSBC milik Ping An Insurance Co.

Sayang hingga saat ini belum jelas mengapa Charoen memutuskan melepas sahamnya di industri telekomunikasi ini.

Untuk diketahui, unit bisnis Hutchinson di Indonesia ini termasuk jajaran operator kecil. Hutchinson berada di posisi keempat sebagaioperator terbesar berdasarkan jumlah pelanggan.

Hingga 30 Juni 2012, Hutchinson 3 telah memiliki 21 juta pelanggan dan menguasai pangsa pasar hingga 10%.

Dalam suratnya kepada situs Dow Jones, Chief Executive Hutchinson 3 Indonesia, Manjot Mann mengungkapkan pemegang saham perusahaan saat ini dikuasai oleh Hutchinson sebesar 65% dan Garibaldi 35%.

Perusahaan juga telah mengubah nama PT Hutchinson CP Telecommunication seiring lengsernya kelompok bisnis Charoen sebagai pemegang saham.(Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.