7 Cara Sederhana Menghemat Biaya Perusahaan

on

Setiap direktur keuangan atau chief financial officer (CFO) seringkali meninjau anggaran sekaligus membicarakan proyeksi bulan mendatang. Dalam pembahasan itu, tak jarang dibicarakan cara-cara mengurangi atau mengendalikan biaya overhead untuk meningkatkan profitabilitas.
 
Seringkali CEO terlalu fokus pada pendapatan dan bukan keuntungan. Padahalan meningkatkan pendapatan sangat penting untuk sebuah bisnis yang berkembang. Walau diakui, biaya peningkatan pendapatan  yang melebihi keuntungan dalam bulan-ke-bulan dapat memperburuk profitabilitas bisnis yang berkelanjutan jika tidak disimpan di cek.
 
Ketika Anda mengembangkan bisnis, perlu kiranya membuat daftar biaya setiap tahun maupun triwulanan untuk dicek dan audit kembali. Langkah ini diharapkan bisa memotong biaya-biaya yang mungkin saja bisa meningkatkan profitabilitas perusahaan.
 
Berikut adalah tujuh kategori biaya-biaya yang kita bisa membantu meningkatkan keuntungan perusahaan seperti dikutip laman ICN, Rabu (27/2/2013):

1. Asuransi Kesehatan
Jika Anda menyediakan asuransi kesehatan kepada karyawan, pastikan untuk selalu memperbarui cakupan sesering mungkin. Secara tradisional, jika Anda mengubah cakupan asuransi, Anda bisa mengurangi biaya untuk rencana serupa.

2. Biaya Pengolahan Kartu Kredit
Setiap usaha yang menggunakan transaksi mengunakan kartu kredit, hendaknya meminta pengurangan biaya tahunan atau biaya minimal. Bicarakan hal ini dengan pihak bank agar bisa memperoleh bunga yang termurah.
 
3. Hipotek
Jika Anda mengelola bisnis sendiri yang pada gilirannya memiliki ruang kerja (misalnya, gedung perkantoran, kondominium, dll), sekarang saatnya untuk membiayai kembali biaya sewa.  Suku bunga KPR kini berada di posisi terendahnya. Sekarang adalah waktunya untuk mengunci suku bunga di tingkat super rendah dan menyimpan uang untuk hari ini, besok, dan sepanjang sisa hipotek Anda.
 
4. Hilangkan Pembayaran Berulang
Anda sebaiknya senantiasa memeriksa tagihan kredit untuk melihat kemungkinan adanya tagihan ganda. Seseorang yang memiliki kewaspadaan bisnis akan melakukan hal ini setiap bulan. Tapi, minimal, semua pebisnis harus meninjau catatan tagihan per kuartalan untuk pembayaran lama yang harus dihentikan.
 
5. Kurangi Penggunaan Kertas
Mengapa kita perlu mengurangi semua kertas itu? Dengan program komputer dan kemampuan tanda tangan elektronik, penggunaan kertas untuk mencetak telah menyusut drastis. Tambahkan lebih banyak sistem komputer yang handal dengan layanan backup.
 
Jadi mulailah beralih untuk paperless tidak hanya akan menghemat biaya kertas, tetapi juga tinta yang digunakan untuk mencetak.
 
6. Periklanan
Berapa banyak Anda menghabiskan biaya untuk iklan? Apakah Anda membayar iklan per klik? Apakah Anda melacak pengeluaran iklan Anda untuk memastikan investasi Anda terbayar?
 
Baru-baru ini kami menyadari bahwa kami membayar ribuan dolar per bulan untuk program biaya-per-klik tertentu yang tidak menghasilkan apapun. Orang-orang menggunakan mesin pencari, sebagian besar menjadi pembeli modern melalui  Internet. Mengklik tetapi tidak membeli. Dengan demikian, kami  beriklan tersebut hanya untuk pengeluaran sia-sia.
 
Anda harus mengevaluasi semua pengeluaran iklan untuk memastikan bahwa hal tersebut layak untuk dijadikan investasi atau tidak. Tentu, orang akan mengatakan merek dan menyampaikan kepada saya bahwa iklan memiliki dua fungsi: (1) penjualan langsung dan (2) jangka panjang pengenalan merek. Yang terakhir ini harus selalu diperhitungkan. Tapi, menurut pendapat saya, jangka panjang harus selalu tunduk pada profitabilitas jangka pendek.
 
7. Cobalah belanja penydia jasa layanan baru
Seiring waktu, bisnis membutuhkan berbagai penyedia layanan. Dari penyedia layanan Internet hingga jasa cleaning service yang membuat kantor bersih. Seringkali, kita terlanjur puas dengan penyedia layanan yang ada tanpa menyadari pembayaran yang kita berikan terus meningkat setiap tahun.

Jangan biarkan ini terjadi. Saat ini banyak sekali penyedia jasa pelayanan yang sebetulnya bisa memberikan fasilitas lebih baik. Jadi simpanlah daftar Penyedia layanan Anda dan tarif mereka. Biasakan rutin - mungkin dua atau tiga kali per tahun - belanja untuk harga yang lebih baik. (Yas/Shd)
Suka artikel ini?

0 Comments