Sukses

92 Perguruan Tinggi Dapat Kucuran Dana Rp 3,9 Triliun

pemerintah telah menyiapkan dana pendidikan sebesar Rp 3,9 triliun untuk 92 perguruan tinggi di seluruh Indonesia pada tahun ini. Dana itu dialokasikan untuk pembangunan sarana dan prasarana penunjang kualitas pendidikan.

Menteri Keuangan, Agus Martowardojo mengaku pemerintah telah menyiapkan dana pendidikan sebesar Rp 3,9 triliun untuk 92 perguruan tinggi di seluruh Indonesia pada tahun ini. Dana itu akan dialokasikan untuk pembangunan sarana dan prasarana guna menunjang kualitas pendidikan nasional.

"Kami punya dana optimalisasi pendidikan Rp 3,9 triliun yang akan disalurkan ke 92 perguruan tinggi," kata dia di Jakarta, Jumat (1/3/2013).

Perguruan tinggi tersebut, ungkap Agus, membutuhkan pengembangan dan pembangunan sarana maupun prasarana yang memadai. Proyek pembangunan ini merupakan lanjutan dari proyek tahun lalu dan rencana kerja 2013.

Namun, program di sektor pendidikan ini diakui masih harus dibahas lebih dalam sebelum dapat segera direalisasikan. "Masih harus ada pembahasan di pemerintahan, seperti Bappenas dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta dukungan dari Kementerian Keuangan," paparnya.

Pada tahun ini, pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp 73 triliun sebagai anggaran Kemendikbud. Di luar dana tersebut, pemerintah mengalokasikan 20% dari APBN Indonesia senilai Rp 1.600 triliun khusus untuk dana pendidikan.

"Jadi kalau total dana pendidikan mencapai Rp 300 triliun. Sedangkan tahun lalu, Kemendikbud mendapatkan jatah tambahan sebesar Rp 7 triliun," urai dia.

Saat ini, realisasi anggaran Kemendikbud yang dapat disalurkan adalah untuk pos kepentingan pegawai dan operasional. Namun Kemenkeu terpaksa memblokir 9 dari 10 program kementerian tersebut lantaran belum rampungnya proses administrasi. (Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini