Sukses

35 Bankir Senior Bank Terbesar Swiss Terancam PHK

UBS AG memangkas sekitar sepertiga pegawainya di unit bisnis investment banking dan pasar modal Amerika Serikat (AS) pada pekan ini. Termasuk didalamnya adalah 35 managing director senior.

UBS AG memangkas sekitar sepertiga pegawainya di unit bisnis investment banking dan pasar modal Amerika Serikat (AS) pada pekan ini. Termasuk didalamnya adalah 35 managing director senior dari lembaga keuangan asal Swiss tersebut.

Dikutip dari laman Reuters, Sabtu (2/3/2013), tiga orang namasumber yang enggan disebutkan namanya menyatakan pemecatan pegawai di level managing director ini berlangsung di kelompok usaha corporate cline solution seperti unit bisnis investment banking, pasar modal, dan tim keuangan.

Sebagai bagian dari pemangkasan tenaga kerja di AS dan Kanada, lebih dari selusin pekerja di unit bisnis teknologi di San Francisco, AS juga terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Salah seorang sumber mengatakan, UBS memutuskan menutup operasional salah satunya kantor cabangnya di Los Angeles.

Sejumlah bankir senior di kantor cabang ini rencananya akan dialihkan ke San Francisco.

Pada Oktober 2012 lalu, UBS memang telah mengumumkan rencananya memangkan jumlah pegawai sebanyak 10 ribu orang. Perusahaan juga tengah mengkaji untuk menutup divisi bisnis fixed income-nya.

Pemangkasan yang dilakukan UBS ini memperpanjang langkah serupa yang dilakukan terhadap 3.500 pegawai yang diumumkan beberapa tahun yang lalu. Sebagian besar PHK terjadi di divisi investment banking.

Keputusan PHK pegawai merupakan imbas dari sejumlah permasalahan yang mendera UBS. Salah satunya adalah kerugian yang mencapai US$ 2,3 miliar dari ulang pialang nakal dan denda akibat manipulasi tingkat suku bunga LIBOR.(Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.