5 Pengusaha Tersingkir dari Jajaran 10 Orang Terkaya RI

  • Ekonomi
  • 0
  • 05 Mar 2013 10:47

orkay-130205b.jpg
Lima pengusaha tersingkir dari jajaran 10 orang terkaya Indonesia 2013 versi Forbes. Salah satunya, Anthony Salim, pemilik PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF).

Pada November 2012, Anthony Salim berada di posisi empat orang terkaya Indonesia dengan total kekayaan US$ 5,2 miliar.

Pengusaha lainnya yang tersingkir dari daftar 10 orang terkaya yaitu Eka Tjipta Widjaja. Kekayaan pemilik Golden Agri Resources yang merupakan perusahaan sawit terbesar kedua di dunia ini sebelumnya berada di bawah R budi Hartono dan Michael Hartono pada tahun lalu yaitu sebesar US$ 7,7 miliar dolar.

Pemilik PT Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo, Pendiri  PT Kalbe Farma Tbk, Benjamin Setiawan, dan Pemilik Sampoerna Group, Putera Sampoerna juga gagal bertahan di jajaran 10 orang paling kaya di negeri ini.

Menggantikan mereka, terdapat nama baru yang masuk dalam jajaran 10 orang terkaya Indonesia.  Seperti dikutip dari Forbes, Selasa (5/2/2013), Martua Sitorus, salah satu pendiri dan CEO Wilmar International, menyelusup masuk ke peringkat 7 orang terkaya di Indonesia dengan nilai kekayaan US$ 2 miliar.

Kelompok usahanya mendapat hampir setengah pendapatan dari China melalui perusahaan Jin Long Yu, atau Golden Fish Naga.

Dia menjadi pendiri Wilmar bersama Kuok Khoon Hong, keponakan dari orang terkaya Malaysia, Robert Kuok. Sitorus dan Kuok Khoon Hong juga memiliki gedung pencakar langit London Aviva Tower. Pada daftar orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes 2012, Martua berada di peringkat 15.

Pengusaha lainnya yang juga masuk dalam jajaran orang yaitu Tahir. Pemilik Bank Mayapada ini tercatat berada di peringkat 8, dengan total kekayaan US$ 2 miliar.

Selain bank, sebagian besar kekayaannya juga dari kepemilikan real estate. Dia memiliki beberapa bangunan di Jakarta, hotel di Bali dan Batam, dan sebuah menara baru di Singapura. Pada akhir November tahun lalu, Tahir berada diperingkat 13 jajaran orang terkaya Indonesia 2012 versi Majalah Forbes.

Low Tuck Kwong,  pemilik Bayan Resources, berada di posisi ke-9 orang terkaya Indonesia dengan nilai kekayaan US$ 1.7 miliar. Pada daftar orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes 2012, dia berada di posisi 12.

Kekayaan bersih Low Tuck Kwong turun $ 1,9 miliar pada tahun lalu karena harga batu bara jatuh ikut mempengaruhi saham di perusahaan tambang batubara miliknya, Bayan Resources. Lahir di Singapura, Low bekerja untuk perusahaan konstruksi ayahnya di usia 20-an dan pindah ke Indonesia tahun 1972.

Terakhir,  Theodore Rachmat kini menjadi orang terkaya nomor 10 di Indonesia pada 2013, dengan total kekayaan US$  US$ 1,7 miliar.

Theodore merupakan pemilik usaha CPO, Triputra Agro Persada, bersama miliarder lainnya, Benny Subianto. Perusahaan ini diketahui berencana meningkatkan luas sekitar dua-pertiga dari yang ada saat ini pada 2015. Theodore juga berinvestasi di perusahaan batu bara PT Adaro Energy Tbk (ADRO).

Hingga saat ini, kekayaan keluarga R Budi Hartono dan Michael Hartono tampaknya masuk sulit tergusur dari posisi puncaknya. Budi Hartono berada di peringkat puncak dengan nilai kekayaan US$ 8,5 miliar. Disusul Michael hartono dengan total kekayaan US$ 8,2 miliar.

Kekayaan kedua pemilik Bank BCA dan Djarum jika digabungkan menjadi US$ 16,7 miliar, naik dari akhir November tahun lalu US$ 15 miliar.

Di peringkat ketiga ditempati pemilik Indorama, Sri Prakash Lohia, dengan kekayaaan yang meningkat menjadi US$ 3,4 miliar, dari sebelumnya US$ 3 miliar. Posisinya meningkat dari peringkat 6 pada 2012 menjadi orang ketiga terkaya di Indonesia pada tahun ini.

Pemilik CT Group, Chairul Tanjung, dengan kekayaan US$ 3,4 miliar berada diperingkat keempat.  Chairul melalui Trans Corp memiliki media Trans TV.

Dia juga mengontrol usaha ritel, Carrefour Indonesia dan sejumlah merek mewah seperti Giorgio Armani, Jimmy Choo, dan Valentino.

Sukanto Tanoto berada diperingkat ke lima dengan kekayaan US$ 2,8 miliar dan disusul  Peter Sondakh di peringkat 6 dengan nilai kekayaan US$ 2,5 miliar.

Daftar Pengusaha yang tersingkir dari 10 besar:
1. Anthony Salim (Indofood Group)
2. Eka Tjipta Widjaja (Sinarmas Group)
3. Susilo Wonowidjojo (Gudang Garam)
4. Benjamin Setiawan (Kalbe Farma)
5. Putera Sampoerna (Sampoerna Group)

Daftar pengusaha baru yang masuk jajaran 10 besar:
1. Tahir (Mayapada)
2. Martua Sitorus (Wilmar)
3. Low Tuck Kwong (Bayan Resources)
4. Theodore Rachmat (Adaro dan CPO)

Berikut daftar 10 orang terkaya Indonesia 2013 versi Forbes:

1. R Budi Hartono (Djarum dan BCA)
2. Michael Hartono (Djarum dan BCA)
3.Sri Pakash Lohia (Indorama)
4. Chairul Tanjung (Trans Corp)
5. Sukanto Tanoto (Raja Garuda Mas)
6. Peter Sondakh (Rajawali)
7. Martua Sitorus (Wilmar)
8. Tahir (Mayapada)
9. Low Tuck Kwong (Bayan Resources)
10. Theodore Rachmart (Adaro dan CPO)

(NDW)

Credit: Ndw

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler