10 Muka Baru di Jajaran Orang Terkaya Dunia 2013

  • Ekonomi
  • 0
  • 05 Mar 2013 12:00

orang-terkaya-130305b.jpg
Majalan bisnis terkemuka, Forbes, kembali melansir daftar 1.426 orang terkaya di dunia. Pengusaha Meksiko Carlos Slim Helu masih belum bisa digeser dari posisi puncak sebagai miliarder dengan kekayaan terbesar di dunia.

Di jajaran puncak, nama-nama lama masih menghiasi daftar orang terkaya dunia tahun 2013. Namun terjadi sedikit perubahan dimana posisi Warren Buffet harus lengser satu peringkat ke posisi empat.

Amancio Ortega, pengusaha asal Spanyol, kini menduduki tahta yang ditinggal Warren Buffet tersebut.

Diantara deretan orang-orang terkaya tersebut, Forbes mencatat terdapat 210 pengusaha baru yang layak masuk daftar orang terkaya dunia 2013.

Berikut adalah 10 posisi teratas orang kaya baru dalam daftar The Richest People on The Planet 2013:

1. Margarita Louis-Dreyfus

Total kekayaan: US$ 6 miliar
Kewarganegaraan: Swiss
Sumber kekayaan: Komoditas

Margartita Louis0Dreyfus naik menjadi Chairman dari perusahaan yang sebelumnya dijalankan sang sumi, Robet, yang wafat pada 2009. Wanita berdarah Rusia ini mengalihkan bisnis perusahaan dari komoditas ke pertanian dan mampu meraih dana segar hingga US$ 350 juta dari surat utang.

2. Renzo Rosso

Total kekayaan: US$ 3 miliar
Kewarganegaraan: italia
Sumber kekayaan: Ritel

Renzo Rozzo bersama rekannya mendirikan Diesel 35 tahun lalu. Sejak saat itu bisnisnya mulai banyak berkecimpung pada merek-merek gaya hidup dengan pendapatan mencapai US$ 2 miliar pada 2012. Lewat induk usaha Only The Brave, Rosso telah menghabiskan satu dekade untuk mengambil saham di sejumlah rumah mode di seluruh Eropa/

3. Fernando Belmont

Total kekayaan: US$ 2,2 miliar
Kewarganegaraan: Peru
Sumber kekayaan: kosmetik

Entrepeneur asal Peru ini memiliki bisnis Yanbal International, perusahaan ritel yang bergerak di bidang kosmetik. Perusahaan mampu meraup penjualan hingga US$ 720 juta. Kini, bisnisnya telah merambah pasar Spanyol dan lima negara Amerika Latin

4. Domenico Dolce dan Stefano Gabbana

Total kekayaan: masing-masing US$ 2 miliar
Kewarganegaraan: Italia
Sumber kekayaan: Dolce&Gabbana

Duo desainer Italia ini bisa masuk daftar orang terkaya AS berkat lonjakan pendapatan dari bisnisnya Dolce&Gabbana. Pada 2011 lalu, pendapatan perusahaan hanya di bawah US$ 1,5 miliar.

5. Michael Pieper

Total kekayaan: US$ 2 miliar
Kewarganegaraan: Swiss
Sumber kekayaan: Peralatan dapur

Michael Pieper merupakan presiden dari kelompok bisnis Artemis. Perusahaan ini memiliki kaitan bisnis dengan Frankie Artemis Group dan memiliki saham di Fientool Group. Artemis melaporkan pendapatan sebesar US$ 2,4 miliar pada 2011.

6. Isabel dos Santos

Total kekayaan: US$ 2 miliar
Kewarganegaraan: Angola Peru
Sumber kekayaan: diversifikasi

Anak tertua dari mantan presiden, Jose Eduardo dos Santoos ini memiliki sejumlah saham di perusahaan Angola dan Portugal. Angela merupakan miliarder dan wanita terkaya di Afrika. Aset yang dimilikinya mencapai US$ 1 miliar dimana salah satunya berasal dari 25% saham di Unitel, perusahaan telekomunikasi Angola.

7. Lei Jun

Total kekayaan: US$ 1,75 miliar
Kewarganegaraan: China
Sumber kekayaan: Telepon genggam

Dianggap sebagai Steve Jobs dari China, Lei Jun menjadi miliarder pada 2012 berkat melonjaknya valuasi Xiaomi, perusahaan telepon seluler dengan pertumbuhan tertinggi di China.

8. MA Yusuff Ali

Total kekayaan: US$ 1,5 miliar
Kewarganegaraan: India
Sumber kekayaan: Ritel

Raksasa perusahaan ritel Timur Tengah yang berbasis di Abu Dhabi, Lulu Group, mencetak penjualan sebesar US$ 4,25 miliar. Baru-baru ini, Lulu Group bahkan masuk dalam daftar perusahaan dengan pertumbuhan tercepat versi Deloitte. Ali, pria yang lahir di India, bermigrasi ke Abu Dhabi pada 1970 untuk bergabung bersama keluargnya mengembangkan bisnis perdagangan kecil.

9. Pham Nhat Vuong

Total kekayaan: US$ 1,5 miliar
Kewarganegaraan: Vietnam
Sumber kekayaan: Real Estate

Pendiri bisnis konglomerat, Vingroup menjadi miliarder pada usia ke 44. Kekayaannya bermula dari bisnis mie di Ukraina.

10. Koh Wee Meng

Total kekayaan: US$ 1,5 miliar
Kewarganegaraan: Singapura
Sumber kekayaan: Real Estate

Hartawan properti dan hotel, Koh Wee Meng menjadi miliarder setelah mencatatkan saham perusahaan di bursa Singapura sejak setahun yang lalu. (Shd)

Credit: Shd

Terpopuler