Sukses

Incar Target BPJS, Sistem TI Puskesmas di Ibukota Bakal Dibenahi

Terhitung mulai 1 April 2013, Puskesmas di wilayah DKI Jakarta akan mulai berbenah guna menata sistem informasi dan komunikasi sehingga terinterkoneksi dengan RS.

Terhitung mulai 1 April 2013, Puskesmas di wilayah DKI Jakarta akan mulai berbenah guna menata sistem informasi dan komunikasi sehingga terinterkoneksi dengan rumah sakit. Pembenahan sistem teknologi informasi (TI) ini menyusul upaya DKI Jakarta sebagai percontohan dalam penerapan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Mulai 1 April kita benahi, sehingga seluruh puskesmas bisa terinterkoneksi dengan RS. Kalau pasien dipandang perlu dirujuk ke RS, sudah tahu RS mana yang kosong," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, usai rapat dengan PT Askes (Persero), di Jakarta, Selasa (5/3/2013).

Dahlan mengatakan, terhitung mulai tanggal tersebut, Askes Jakarta juga akan mulai mendata Puskesmas meliputi ketersediaan tenaga dokternya serta fasilitas yang dimiliki. Harapannya Puskesmas di seluruh wilayah ibukota bisa langsung beroperasi saat penerapan BPJS pada 1 Januari 2014.

"Perangkat komputer di masing-masing Puskesmas, dari pemda. Kalau software-nya dari Askes," imbuh Dahlan, yang didampingi Direktur Utama PT Askes (Persero), Fachmi Idris.

Sebagai informasi sistem online di Puskemas ini akan mulai beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada 1 Januari 2014.

Terhadap target tersebut, Dahlan berharap tiga bulan pasca pembenahan yang dilakukan pada 1 April 2012, seluruh Puskesmas sudah bisa terhubung dengan RS. Meski diakui, tak bisa seluruh Puskesmas di ibukota bisa melakukan hal tersebut. (Est/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini