Sukses

Tuntut Upah Layak, 3.500 Pekerja Perempuan Demo di Bundaran HI

Sebanyak 3.500 pekerja perempuan pada hari ini akan melakukan aksi di Bundaran Hotel Indonesia dan melakukan long march ke Istana pukul 09.30 WIB.

Sebanyak 3.500 pekerja perempuan pada hari ini akan melakukan aksi di Bundaran Hotel Indonesia dan melakukan long march ke Istana pukul 09.30 WIB. Mereka membawa sejumlah tuntutan, salah satunya menuntut pemerintah memberlakukan upah layak untuk pekerja wanita.

Aksi demonstrasi tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia 8 Maret 2013

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menuturkan pembelakuan upah layak untuk pekerja wanita dapat diwujudkan dengan emberikan upah layak sama dengan 84 item Komponen Hidup Layak (KHL), serta dengan menolak penanguhan upah minimum untuk pekerja wanita.

Selain itu, dia juga mengungkapkan untuk menghentikan kekerasan dan diskriminasi terhadap pekerja perempuan.

"Upah layak itu seharusnya lebih dari 84 item, KHL. Bukan penanguhan UMP untuk perempuan," ungkap dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/3/2013).

Menurut Said, komite pekerja wanita indonesia juga menuntut pemerintah untuk menjalankan jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat indonesia termasuk kaum perempuan mulai 1 Januari 2014.

Menurut dia, jaminan kesehatan ini dapat terlaksana dengan merevisi Peraturan Presiden (Pepres) no 12/2013 tentang jaminan kesehatan dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 101/2012 tentang Penerima Bantuan Iuran (PBI).

"Jadi 1 Januari 2014 seluruh rakyat tanpa terkecuali perempuan harus mendapatkan jaminan kesehatan,"  ujarnya. (Ndw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.