Sukses

RI Bangun Terowongan Kereta Api Terpanjang

Investor swasta asing asal Korea Selatan melalui PT Mandala Resources, yang berencana membangun jalur kereta api sepanjang 230 kilo meter senilai Rp 30 triliun.

Indonesia bakal memiliki terowongan kereta api terpanjang. Adalah investor swasta asing asal Korea Selatan melalui PT Mandala Resources, yang berencana membangun jalur kereta api sepanjang 230 kilo meter (km) senilai Rp 30 triliun.

Dari total 230 km tersebut, akan dibuat terowongan sepanjang 13 kilo meter (km). Jalur kereta api ini akan menghubungkan Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hanggoro Budi Wiryawan, mengatakan ini akan menjadi terowongan terpanjang yang pernah dimiliki Indonesia.

"Saat ini terowongan kereta api terpanjang di Indonesia hanya 1.000 meter," kata Hanggoro, Jumat (8/3/2013).
 
Untuk pembangunan terowongan Mandala Resources ini, menurut Hanggoro, pembangunannya masih dalam tahap studi kelayakan.

Kendati demikian investor sudah mempersiapkan berbagai hal terkait pembangunan jalur kereta api tersebut. "Mereka sudah bikin basic design," imbuh dia. (Est/Nur)
 


     

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.