Sukses

Masih Berpeluang Menguat, IHSG Dibayangi Aksi Profit Taking

Mengawali pekan ini, indeks harga saham gabungan (IHSG) masih memiliki ruang kenaikan meski relatif terbatas. Ancaman aksi ambil untung pelaku pasar kini mulai membayangi laju indeks.

Mengawali pekan ini, indeks harga saham gabungan (IHSG) masih memiliki ruang kenaikan meski relatif terbatas. Ancaman aksi ambil untung (profit taking) pelaku pasar kini mulai membayangi laju indeks.

"Kami perkirakan hari ini IHSG akan bergerak pada kisaran support-resistance 4.855-4.900," kata Analis PT Panins Sekuritas Tbk, Purwoko Sartono dalam ulasannya, Senin, (11/3/2013).

Purwoko menilai sat ini beberapa saham unggulan yang menjadi pendorong indeks, mulai mengalami koreksi.Sejak pembukaan awal tahun, IHSG tercatat menguat 12,92% dan menjadi salah satu bursa dengan performance terbaik di tahun ini.

IHSG pada perdagangan pekan lalu ditutup menguat sekitar 62 poin. Kenaikan itu ditopang sentimen positif beberapa data ekonomi dari Amerika Serikat (AS) serta ekspektasi akan kelanjutan program stimulus di beberapa negara besar.

"Hal ini menumbuhkan optimism bahwa pemulihan ekonomi di AS, China, dan Jepang akan berlanjut," katanya.

Kebijakan Quantitative Easing (QE) jilid 3 yang dimulai sejak September lalu, tingkat suku bunga AS (Fed rate) yang rendah, sepertinya berhasil mengangkat perekonomian AS. Sektor perumahan dan otomotif terus menunjukan pemulihan dan hal ini yg juga mendorong perbaikan pasar tenaga kerja.

Data First-time jobles claims (Orang yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran untuk pertama kali) mengalami penurunan pertama kali semenjak Januari 2013.

Penguatan dan penciptaan rekor baru IHSG juga tak terlepas dari sentimen positif dari dari dalam negeri. Aliran dana asing atau capital inflow dianggap menjadi pendorong utama indeks pekan lalu. Kestabilan serta prospek ekonomi Indonesia menjadi daya tarik bagi investor. (Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.