Sukses

Total Aset Seluruh Bank di Indonesia Capai Rp 4.211 Triliun

BI mencatat total seluruh aset perbankan di Indonesia mencapai Rp 4.211 triliun atau sekitar US$ 421 miliar. BI merupakan pengatur kebijakan 120 bank yang beroperasi di Indonesia.

Bank Indonesia (BI) mencatat total seluruh aset perbankan di Indonesia mencapai Rp 4.211 triliun atau sekitar US$ 421 miliar. BI merupakan pengatur kebijakan 120 bank yang beroperasi di Indonesia.

Data BI juga menyebutkan jika total dana pihak ketiga perbankan nasional mencapai Rp 3.204 triliun, dengan total kredit Rp 3.878 triliun.

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menjadi sebagai bank yang memiliki sumbangsih terbesar jika dibandingkan dengan bank-bank besar lainnya. Aset bank Mandiri sendiri saat ini mencapai US$ 64 miliar.

Selain Mandiri, tiga bank besar lain, yakni PT Bank BRI Tbk (BBRI) dengan total aset $ 56 miliar, PT Bank BCA Tbk (BBCA) dengan total aset US$ 45 miliar, dan Bank PT Bank Negara Indonesia Tbk  (BBNI) dengan total aset
US$ 34 miliar.

Sementara Premium Risk dari mayoritas bank di seluruh Indonesia sekitar 5% sampai 10 %, di mana presentase tersebut dinilai para pakar ekonomi masih terlalu tinggi.

Saat ini, BI menetapkan tingkat bunga acuan (BI rate) sebesar 5,75 %. Dengan suku bunga tersebut, Bank Indonesia secara bertahap akan terus menurunkannya seiring perkembangan ekonomi Indonesia yang cukup signifikan.

"Seiring perkembangan ekonomi, nantinya suku bunga tersebut akan diturunkan secara  bertahap," ujar Dhani Gunawan Idat, Deputy Director of Banking Supervision at Bank Indonesia. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini