Sukses

Harga Bawang Naik, Omzet Pedagang Pasar Anjlok 80%

Kenaikan harga bawang merah dan bawang putih di pasaran telah membuat omzet pedagang pasar anjlok hingga 80%.

Kenaikan harga bawang merah dan bawang putih di pasaran telah membuat omzet pedagang pasar anjlok hingga 80%.

Melonjaknya harga bawang telah membuat pedagang harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli barang dagangannya.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia Ngadiran menyebutkan harga beli bawang merah dari pemasok saat ini mencapai Rp 65 ribu per kilogram (kg) dan dijual kembali seharga Rp 67 ribu per kg.

Sementara sebelumnya, pedagang membeli bawang merah dengan harga Rp 10 ribu per kg dan menjual lagi ke pembeli Rp 11 ribu per kg.

"Omzet pedagang bawang anjlok hingga 80%. Karena modal yang dikeluarkan lebih besar, untungnya lebih kecil karena barang yang jual juga semakin sedikit " jelas Ngadiran saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (14/3/2013).

Apalagi kenaikan harga bawang juga membuat masyarakat mengurangi pemakaian bawang. Ngadiran mengaku para pembeli juga mengeluhkan kenaikan harga bawang.

"Kalau dulu orang beli Rp 2.000 masih dilayani, sekarang tidajk dilayani. Sebelumnya sekilo dapat Rp 10 ribu, sekarang Rp 5.000, tidak dapat satu ons," tuturnya. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.