Sukses

Syarat DPR Izinkan Pemerintah Impor Bawang

DPR mengimbau Kementan untuk mengambil langkah tepat untuk mengatasi lonjakan harga bawang putih dan bawang merah. Bahkan bila perlu, pemerintah melakukan impor dari luar negeri.

Terkait melonjaknya harga bawang putih dan bawang merah di pasaran, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengimbau Kementrian Pertanian (Kementan) untuk mengambil langkah-langkah tepat untuk menanggulangi hal tersebut.

Hal itu disampaikan Wakil DPR RI Bidang Perekonomian dan Keuangan, Sohibul Iman di Komplek Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, 14 Maret 2013. "Kami harapkan Kementan untuk lakukan langkah-langkah tepat untuk menanggulangi itu," ujarnya.

Menurut politisi PKS itu, pemerintah harus terlebih dahulu memperhatikan penyebab utama dari persoalan lonjakan harga bawang. Pemerintah harus bisa memastikan apakah penyebab persoalan itu akibat pasokan atau faktor lain.

Jika faktor pasokan menjadi penyebabnya, DPR meminta Kementan untuk meninjau kembali kebijakan tentang holtikultura.

"Pertama, harus dilihat dulu penyebabnya. Kalau memang penyebabnya pasokan, harus ditinjau kebijakan holtikulkura," ujar Sohibul.

Dia menambahkan, jika memang ada kesalahan dalam kebijakan tersebut dan pasokan bawang dari dalam negeri tidak memadai, pemerintah sebaiknya mengimpor bawang untuk pemenuhan pasokan.

"Kalau dalam negeri tidak memadai, (impor) itu mungkin perlu dilakukan," tegasnya. (Est/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini