Sukses

Harga Bawang Meroket, SBY Sesalkan Kinerja Menteri Terkait

Harga bawang yang kian meroket membuat Presiden SBY angkat bicara. Dia menyesalkan belum adanya langkah-langkah yang dilakukan kementerian terkait untuk menekan harga.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengaku mengikuti perkembangan kenaikan harga dari komoditas bawang merah, bawang putih, dan daging sapi. Melihat pada pandangan yang muncul di masyarakat, SBY menyesalkan belum adanya langkah-langkah yang dilakukan oleh jajaran terkait di pemerintahan.

"Saya belum melihat adanya langkah-langkah yang lebih serius dan nyata, dan masalah itu (sebenarnya-red) bisa diatasi oleh jajaran pemerintah terkait," sesal SBY saat membuka sidang kabinet terbatas bidang ekonomi di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Yang lebih mengecewakan lagi, lanjut SBY, dia melihat adanya sikap saling menyalahkan antara satu kementerian dengan kementerian lain. "Ini buruk. Yang benar adalah segera atasi masalah, duduk bersama gubernur, bupati, wali kota, dan stabilkan harga," tegasnya.

SBY mencontohkan saat terjadinya krisis harga pangan dan BBM pada 2008 silam. Dia turun langsung memimpin pemulihan tanpa kenal waktu. Sementara sekarang SBY tak melihat adanya upaya yang serius.

"Ini tidak boleh begini, kalau tingkatannya hanya seperti ini, hanya tiga komoditas yang mengalami kenaikan tidak wajar, selesaikan, jangan tidur kalau perlu," jelas SBY.

Ditegaskan SBY, rakyat memerlukan kepastian dan solusi dari pemerintah, khususnya lembaga terkait. "Saya malah mendengarnya lewat talkshow dan seminar, bukan itu. Tapi kerja nyata," tegasnya lagi. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini