10 Negara dengan Pertumbuhan Pariwisata Tercepat di Dunia

on

World Travel & Tourism Council (WTTC) melansir peringkat negara yang memiliki pertumbuhan pariwisata tercepat di dunia.

Penetapan peringkat dengan memperhitungkan jumlah perjalanan dan pendapatan pariwisata sebagai kontribusi terhadap pertumbuhan Gross Domestic Product (GDP) di 2012.

Ahli perjalanan mengatakan minat perjalanan tumbuh di negara-negara yang justru kurang diperhitungkan sebelumnya, dan hal ini menjadi sebuah kejutan tersendiri.

Berikut 10 negara yang memilki loncatan di sektor pariwisata secara signifikan pada 2012, seperti dikutip dari MarketWatch the Wall Street Journal, Sabtu (16/3/2013):
 
1. Qatar

Negara ini memiliki catatan jika hampir dua pertiga pendapatan di pariwisatanya berasal dari perjalanan bisnis, negara yang terletak di Semenanjung Arab itu mencatatkan perjalanan liburan naik 29,9% pada tahun lalu.

Pendapatan dari pengunjung asing meningkat 36,7% menjadi US$ 6,4 miliar dan ini menjadi lonjakan terbesar ketiga di seluruh dunia.
 

2. Azerbaijan

Kementerian pariwisata di negara ini telah mengumumkan komitmennya pada 2011 lalu untuk meningkatkan daya tarik negaranya.

Ia juga memberikan banyak pelatihan para pelaku bisnis perhotelan dan profesi industri lainnya.

Pendapatan dari wisatawan asing negara bekas wilayah Uni Soviet ini melonjak 56,4% di 2012 menjadi US$ 2,3 miliar.

WTTC mencatat secara keseluruhan perjalanan dan belanja wisata naik 22,8%, berkontribusi 2,2% terhadap pertumbuhan GDP.

Tahun ini pemerintahan negara tersebut mengharapkan pertumbuhan sebesar 9,3% dari tahun lalu.
 

3. Kyrgyzstan

Tahun lalu, negara Asia Tengah ini menawarkan kepada warga di 44 negara untuk mengunjunginya hingga 60 hari tanpa perlu menggunakan Visa.

Langkah promosi itu dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak wisatawan datang untuk melihat keindahan dataran tinggi yang mereka miliki.

Kinerja pariwisata negara ini tercatat naik 24,8%, dan belanja pegunjung asing tumbuh 34,5% menjadi $ 694 juta. Secara keseluruhan, perjalanan dan pariwisata meningkat 21,6 %, dan hal ini berkontribusi 3% terhadap total GDP.
 

4. Montenegro

Lambatnya pemulihan setelah Perang Kososvo dan pecahnya Yugoslavia, Montenegro bisa menjadi alternatif untuk tujuan wisata dalam beberapa tahun ke depan.

Negara Eropa Tenggara menjadi banyak dikenal di kalangan turis karena tempat petualangannya serta panorama pantai yang indah.

Tahun lalu perjalanan pariwisata meningkat 12,6 %, merupakan 9,9 % dari nilai GDP. Untuk tahun 2013 WTTC berharap pertumbuhan 13,3 %.
 

5. Uzbekistan

Ekonomi di negara-negara Asia Tengah diuntungkan dengan tren petualangan dan perjalanan yang dilakukan para wisatawan asing.

Perjalanan wisata tumbuh 11,7% pada 2012 lalu, dan belanja wisatawan asing naik 32,5%. Hal ini menjadi kenaikan terbesar ke lima di seluruh dunia.
 
6. Belarus

Negara ini merupakan negara dengan perkembangan pariwisata terbaru di antara negara-negara lainnya.

Negara kecil di kawasan Eropa ini diuntungkan atas lalu lintas regional (terutama Rusia) dengan dimilikinya Resort Ski di musim dingin, dan Resort Danau di musim panas.

Perjalanan wisatawan tumbuh 11% di tahun lalu, di mana angka tersebut memiliki kontribusi 2,1% dari total GDP.

Belanja oleh wisatawan asing naik 39,7% dan ini merupakan lonjakan terbesar kedua di seluruh dunia, yaitu sebanyak US$ 960 juta. Kota ini dikenal juga sebagai tujuan perjudian.

7. Panama

Pertumbuhan ekonomi mendorong perkembangan industri hotel dan maskapai penerbangan di negara Amerika Tengah ini.

Kenaikan kontribusi belanja wisatawan yang berkaitan dengan perjalanan dan pariwisata sebesar 10,5% mendorong kontribusinya terhadap PDB mencapai 5,2%.

Para pelaku bisnis perhotelan dan maskapai penerbangan juga menawarkan lebih banyak penjualan untuk menarik wisatawan dengan menawarkan wahana seperti hiking, arung jeram, dan tentu saja wisata melintasi dari Karibia ke Pasifik melalui Terusan Panama.

8. F
ilipina

Para ahli mengatakan ada banyak hal untuk memuji salah satu negara di Asia Tenggara ini. Mulai dari keramahan masayarakat hingga sajian makanan. 

Dengan kenaikan perjalanan dan pengeluaran pariwisata naik 10,4% di 2012, memberikan kontribusi 2% terhadap PDB. Dari besaran itu, kurang dari 40% belanja tersebut berasal dari pengunjung asing, menurut laporan WTTC.

9. Tunisia

Bahkan sebelum Disney mengumumkan film terbarunya, Star Wars di tahun ini, industri pariwisata ke negara Afrika Utara itu telah naik.

Selain pantai Tunisia dan situs arkeologi, daya tarik utama negara ini adalah Tatouine, rumah set planet fiksi film  Star Wars.

Pengeluaran wisatawan asing tercatat tumbuh 22,9%. Ini merupakan kenaikan kesembilan terbesar di seluruh dunia menjadi US$ 2,7 miliar.

Secara keseluruhan, perjalanan dan pariwisata tumbuh 10,3% dengan kontribusi ke PDB menjadi 7,3%, menurut WTTC.

10. Chili

Tujuh zona meliputi pemandangan alam, termasuk fjord, gurun dan Andes, telah membantu negara Amerika Selatan ini menjadi lokasi petualangan besar dan tujuan ekowisata.

Namun, pengeluaran wisatawan tercatat hanya mencapai 17,7%. Mungkin hal ini karena harga tiket pesawat yang mahal dan pelemahan nilai tukar dolar terhadap mata uang Chili, peso Chili.

Pertumbuhan ekonomi mendorong peningkatan 15% dalam pengeluaran berwisata ke luar negeri pada  2012, menurut WTTC.

Secara keseluruhan, perjalanan dan pengeluaran pariwisata naik 10,3%, dengan kontribusi ke PDB sebesar 2,9%.
(Yas/Nur)
Suka artikel ini?

0 Comments