Sukses

Gandeng Yamaguchi, BNI Klaim Miliki MitraTerbanyak di Jepang

BNI menjalin kerja sama dengan salah satu financial group terkemuka di Jepang, Yamaguchi Financial Group. BNI mengklaim merupakan bank nasional dengan mitra terbanyak di Jepang

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menjalin kerja sama dengan salah satu financial group terkemuka di Jepang, Yamaguchi Financial Group. Yamaguchi Financial Group Inc (YMFG) merupakan holding company yang bergerak di bidang jasa keuangan dan jasa perbankan.

Kelompok usaha ini memiliki beberapa bank yang terbilang sudah cukup tua antara lain Yamaguchi Bank (berdiri sejak November 1878), Momiji Bank (berdiri sejak November 1923), dan Kitakyushu Bank (berdiri sejak Oktober 2010).

Kerja sama antara BNI dengan Yamaguchi ini ditetapkan lewat Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemimpin Cabang BNI Tokyo, Gatoet Gembiro Noegroho dengan President  Yamaguchi Financial Group, Koichi Fukuda, di kantor BNI Tokyo, Kamis (14/3/2013).

YMFG selama ini bergerak di bisnis keuangan yang mencakup pembiayaan (leasing), penerbitan kartu kredit, dan menjadi perusahaan sekuritas. Selain itu, YMFG juga memiliki perusahaan konsultasi (YM Consulting Corp) dan lembaga riset bernama Kitakyushu Economics Institute.

Kelompok usaha yang berkantor pusat di Yamaguchi Prefecture ini memiliki total asset konsolidasi sekitar US$ 111 miliar. Hingga akhir 2012, perusahaan ini meraup pendapatan bersih hingga US$ 218 juta.

Corporate Secretary BNI Tribuana Tunggadewi mengungkapkan, BNI kini menjadi bank yang memiliki mitra bank Jepang terbanyak dibandingkan bank-bank nasional lainnya. Kerjasama yang agresif dengan bank-bank regional Jepang (JRB) ini digiatkan demi memanfaatkan momentum derasnya arus investasi perusahaan Jepang ke Indonesia akhir-akhir ini.

“Untuk memfasilitasi nasabah-nasabah dari regional bank yang berminat berinvestasi di Indonesia,  BNI telah membentuk Japan Desk sejak tahun 2012 lalu,” ujar Tribuana dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/3/2013).

Dengan kerjasama ini, BNI tercatat telah bermitra dengan 48 bank terdiri dari 47 bank regional dan 1 Shinkin Bank (bank koperasi). Setiap bank memiliki basis nasabah yang siap berinvestasi di Indonesia.

Dengan adanya Japan Desk, BNI berinisiatif untuk memberikan berbagai fasilitas yang dapat membantu para nasabah JRB tersebut merelokasi usahanya ke Indonesia, baik pemberian kredit rupiah, mengalirkan informasi lengkap tentang kondisi perekonomian Indonesia, kondisi iklim investasi di Indonesia, hingga membantu menyelesaikan perizinan usaha di Indonesia.

Setidaknya terdapat 100-150 nasabah bank-bank regional Jepang yang ada di Indonesia, dan sudah menanamkan modal setidaknya US$ 75 juta hingga saat ini.

Terkait dengan pembukaan kantor cabang BNI di Osaka, Jepang  pada 20 Februari 2013, BNI mengatakan hubungan dengan bank regional serta nasabah di bagian barat Jepang akan semakin menguat. Alasannya, transaksi keuangan yang menopang bisnis di kawasan itu semakin mudah dilakukan. (Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.