Sukses

Citilink Siap Terbangkan 30 Ribu Eks Penumpang Batavia Air

Citilink, anak perusahaan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) memperkirakan bisa mengakomodasi total 30 ribu bekas calon penumpang Batavia Air, yang dipailitkan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada akhir Januari 2013 lalu.

Citilink, anak perusahaan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) memperkirakan bisa mengakomodasi total 30 ribu bekas calon penumpang Batavia Air, yang dipailitkan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada akhir Januari 2013 lalu.

Adapun bekas rute maskapai Batavia Air yang sudah dilayani Citilink, antara lain Jakarta–Batam, Ujungpandang–Jakarta, Surabaya–Lombok, dan Jakarta–Bali.

Chief Executive Officer (CEO) PT Citilink Indonesia, Arif Wibowo mengatakan angkutan penumpang tersebut sepenuhnya upaya memenuhi himbauan pemerintah melalui Direktorat Jendral (Ditjen) Perhubungan Udara dengan mengakomodasi calon penumpang eks Batavia Air.

“Kami berharap melalui mekanisme yang dilakukan oleh Citilink dapat mengakomodasi seluruh calon penumpang untuk berwisata, menjumpai sanak-saudara sampai dengan melakukan aktifitas bisnis di tempat tujuan dengan nyaman," ujar dia, Senin (18/3/2013).

Yang terbaru, perusahaan mengakomodasi bekas calon penumpang Batavia Air dengan tujuan Jakarta – Bengkulu, Jakarta – Jambi dan Jakarta – Balikpapan.

Arif menuturkan, ada beberapa prosedur dan ketentuan  ‘transfer’ yang harus diikuti bekas calon penumpang Batavia Air ke penerbangan Citilink, seperti penumpang eks Batavia Air yang ingin terbang dengan Citilink harus melakukan re-booking (penukaran tiket Batavia Air ke Citilink) mulai 13 Maret 2013 hingga 30 April 2013.

Kemudian, penerbangan hanya disediakan untuk keberangkatan (date of travel) sampai dengan 31 Mei 2013. Penumpang eks Batavia Air yang keberangkatannya (date of travel) di atas 31 Mei 2013 dapat melakukan re-booking untuk penerbangan Citilink dengan keberangkatan sebelum 31 Mei 2013.

Selain itu, mekanisme re-booking hanya dapat dilakukan di  Sales Office Citilink Jakarta.

Khusus untuk penerbangan dari Jambi, Bengkulu, dan Balikpapan re-booking hanya bisa dilakukan di Sales Office Citilink masing-masing bandara. 

Selain itu, proses re-booking hanya dapat di lakukan di kota keberangkatan (misalnya untuk tiket tujuan Jakarta - Jambi, hanya dapat melakukan re-booking di kantor penjualan Jakarta.

Adapun dokumen yang harus dibawa saat pengurusan re-booking, seperti tiket Batavia Air resmi dan kopinya (Citilink akan melakukan validasi atas keabsahan tiket tersebut, dan menukar tiket Batavia Air dengan Citilink apabila re-booking penerbangan Citilink telah dilakukan).

Identitas resmi asli dan kopinya, seperti KTP, SIM, atau Paspor. Penumpang juga harus datang sendiri dan tidak dapat diwakilkan travel agent atau pihak manapun.

Apabila 1 kode booking terdapat lebih dari 1 penumpang, maka 1 kode booking tersebu dapat diwakilkan oleh 1 penumpang, dimana  tetap harus membawa identitas resmi (KTP, SIM, atau Paspor) penumpang lainnya (asli dan copy)

Citilink akan memberikan bagasi cuma-cuma 20 kilogram (kg) diberikan kepada setiap penumpang/orang sesuai dengan ketentuan Citilink. Kelebihan bagasi akan dikenakan biaya sesuai tarif yang berlaku.

Selain itu, penumpang eks Batavia Air diwajibkan membayar IWJR (Iuran Wajib Asuransi Jasa Raharja) sebesar Rp 5.000 per orang untuk setiap penerbangan. (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini