Sukses

Perusahaan Lelang KBN Cetak Penjualan Rp 65,80 Miliar

PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) mencatatkan transaksi penjualan sebesar Rp 65,80 miliar di 2012. Sementara laba bersih yang diperoleh mencapai Rp 13,3 miliar.

PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN), anak usaha PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I-XIV dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) ini mencatatkan transaksi penjualan sebesar Rp 65,80 miliar di 2012.

Dengan penjualan tersebut, perusahaan meraih keuntungan mencapai Rp 13,3 miliar.

"Saat ini produk sawit dari PTPN I-XIV kebanyakan di pasarkan KPBN, sudah sekitar 90% produk sawit yang dipasarkan," ujar Deputi Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bidang Industri Primer, Muhammad Zamkhani, Senin (18/3/2013).

Dia menjelaskan, ada sekitar enam jenis sawit yang sudah dipasarkan KPB Nusantara. Jenis bibit sawit ini diharapkan bisa mendorong kinerja perusahaan.

Selain itu, dia berharap perusahaan induk yang ada di bawah naungan Badan Usaha Milik Nergara (BUMN) perkebunan akan segera terwujud.

"Jadi akan ada pembentukan perusahaan induk perkebunan sawit yang masih dalam proses. Sehingga akan ada kajian-kajian yang mengenai berbagai kekurangan yang ada," jelas Zamkhani.

Industri sawit, menurut dia, masih sangat sedikit. Di dunia saja tidak semua negara bisa menghasilkan kelapa sawit.

Oleh karena itu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menginginkan peningkatan kesejahteraan petani sawit, sehingga menghasilkan keuntungan yang terus meningkat bagi negara maupun petani.

Ia menambahkan, sampai saat ini saja draft pembentukan perusahaan induk telah masuk ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Untuk yang di Kementerian BUMN sudah jelas terdata, mengenai pembentukan perusahaan induknya tersebut," tandas dia. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.