Sukses

Borong 234 Airbus, Lion Air Tak Keluar Duit Sepeser Pun

Lion Air telah memesan 234 pesawat terbang Airbus tipe A320 senilai US$ 24 miliar. Dari mana Lion dapat duit untuk membeli pesawat tersebut?

Lion Air telah memesan 234 pesawat terbang Airbus tipe A320 senilai US$ 24 miliar. Dari mana Lion dapat duit untuk membeli pesawat tersebut?

Direktur Utama Lion Air, Rusdi Kirana, pihaknya tidak mengeluarkan kocek sedikitpun untuk membeli pesawat tersebut. Bagaimana bisa?

Bermodalkan reputasi yang baik, Lion bisa mengantongi pinjaman untuk pembelian pesawat tersebut yang berasal dari lembaga keuangan Eropa yang mengurus kredit ekspor (ECA).

"Kami punya reputasi yang baik. Dengan reputasi itu, kami bisa memperoleh pinjaman sampai 100%. Jadi tidak perlu keluar uang. Ini namanya bagaimana dagang tanpa modal. Kalau dagang dengan modal, bukan pedagang namanya," ungkap Rusdi di Toulouse, Prancis, Selasa, (19/3/2013)

Dengan tenor 12 tahun, Rusdi  mengaku pihaknya mendapatkan bunga pinjaman yang cukup rendah dari ECA.

"Bunganya tergantung kondisi. Market itukan berfluktuasi. Kalau hari ini bunganya 3%, tahun depan bisa 2% tergantung pasar," jelas dia.

Rusdi mengaku sebenarnya Lion Air sudah  tertarik untuk memesan pesawat dari Airbus sejak dua tahun lalu. Pembelian pesawat Airbus ini diharapkan dapat mendukung rencana perseroan berekspansi ke kawasan Asia Pasifik. (Ndw/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini