Sukses

50 Bus Gandeng Buatan INKA Siap Tambah Armada Transjakarta

Tak hanya gerbong kereta, PT INKA juga memproduksi badan bus untuk moda transportasi Transjakarta. Bahkan tahun ini, perusahaan menargetkan bisa memasok 50 bus gandeng Transjakarta.

Tak hanya gerbong kereta, PT. Industri Kereta Api Indonesia (Persero) atau INKA juga memproduksi badan bus untuk moda transportasi Transjakarta. Bahkan tahun ini, perusahaan menargetkan kembali memproduksi 50 bus gandeng moda transportasi andalan di ibukota tersebut.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah meresmikan INO Bus yang merupakan bus gandeng yang digunakan oleh Transjakarta yang diproduksi oleh Inka.

"Kami mentargetkan akan memasok 50 unit Ino Bus untuk Busway di tahun 2013 ini," ungkap Direktur Produksi dan Teknologi PT INKA, Yunendar Aryo Handoko di Madiun, Jawa Timur, Jumat (22/3/2013)

Yunendar menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta rencananya bakal menggelar tender pengadaan bus gandeng Transjakarta pada April 2013.

Saat ini Inka mengaku telah memproduksi 39 unit bus gandeng yang dialokasikan untuk menambah armada Trans Jakarta terutama di koridor 11 dan 12.

Untuk membangun satu unit bus gandeng, Inka mengaku membutuhkan dana investasi hingga Rp 3 miliar. Pembuatan angkutan massal ini diakui tak terlalu sulit mengingat proses pembangunan hampir sama dengan gerbing kereta.

Perusahaan Kereta Api satu satunya di kawasan Asia Tenggara mengaku memutuskan memproduksi armada bus karena prospek pasar yang cukup berpotensi. Selain itu, perseroan menilai pesaing dalam bisnis ini belum terlalu banyak

"Kalau bus tunggal yang tidak gandeng itu sudah banyak kompetitornya," terang Yunendar. (Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.