Sukses

Dishub Bangun Akademi Perkeretaapian di Madiun

Industri perkerataapian merupakan industri transoportasi massal yang diandalkan oleh Indonesia. Dengan alasan itu, Dinas Perhubungan telah membangun Akademi Perkeretaapian di Madiun.

Industri perkerataapian merupakan industri transoportasi massal yang diandalkan oleh Indonesia. Dengan alasan itu, Dinas Perhubungan telah membangun Akademi Perkeretaapian di Madiun.

Hari ini, Sabtu (23/3/2013), Liputan6.com bersama PT.Industri Kereta Api Indonesia (persero) berkesempatan mengunjungi lokasi pembangunan sekolah Akademi tersebut.

Dinas perhubungan membangun akademi perkeretaapian ini di Desa Koci, Kecamatan Taman, Kabupaten Madiun. Luas wilayah akademi ini kurang lebih sekitar
19 Ha.

Hingga saat ini, pembangunan akan memasuki tahap ketiga dimana dalam tahap ketiga ini akan dibangun sebuah Laboratorium dan Work Shop Kereta Api. Sedangkan bangunan yang sudah berdiri diantaranya Gedung Rektorat, gedung Kelas, Gedung makan, Asrama dan Poliklinik.

Akademi yang dimulai pembangunannya pada tahun 2012 lalu ini, pembangunannya baru selesai 30 persen dari keseluruhan proyek yang direncanakan.

Dalam proyek pembangunannya, Dinas Perhubungan bekerjasama dengan PT Adhi Karya sebagai eksekutornya dan PT Nusantara Citra sebagai konsultan perencanaannya.

Menurut Kepala Humas PT INKA, Bintang Gumilar, Dinas perhubungan rencananya akan bekerjasama dengan PT.INKA dalam proses pengajaran para Taruna dari Akademi Perkeretaapian tersebut.

"Dishub nanti akan bekerjasama dengan INKA dalam proses pelaksanaan pengajarannya," ungkapnya.

Meskipun saat ini pembangunan baru berjalan sekitar 30 persen, namun Dishub berencana akan mulai membuka tahun ajaran baru pada tahun 2014 mendatang.

"Rencananya tahun 2014 akan mulai menerima taruna baru," jelasnya. (Yas/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.