Sukses

Ingin Jadi Raja di ASEAN, Semen Indonesia Tambah Lagi 2 Pabrik

PT Semen Indonesia Tbk optimistis menghadapi persaingan pasar bebas Asia Tenggara mulai 2015 mendatang. Perusahaan rencananya bakal membangun dua pabrik baru di Rembang dan Padang.

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) sebagai perusahaan semen terbesar di Indonesia ini antusias menghadapi persaingan pasar bebas Asia Tenggara yang akan berlangsung mulai 2015 mendatang.

Guna menghadapi persaingan sekaligus ekspansi demi meningkatkan produksi semennya, perusahaan semen milik pemerintah ini berencana membangun dua unit pabrik semen di Rembang dan Padang.

"Ya, tahun ini kita membangun pabrik semen lagi di Rembang dan Padang," ungkap Presiden Direktur PT Semen Indonesia, Dwi Soetjipto, di Jakarta, Senin (25/3/2013).

Rencananya, masing-masing pabrik tersebut akan memiliki kapasitas produksi sebesar tiga juta ton per tahun. Guna merealisasikan rencana bisnisnya ini, perusahaan mengungkapkan kebutuhan investasi diperkirakan mencapai Rp 7 triliun.

Dwi juga menambahkan untuk menghadapi persaingan pasar bebas ASEAN di tahun 2015 mendatang, perusahaan optimistis  mampu bersaing dengan kompetitor-kompetitor asing. Perseroan yang semula bernama PT Semen Gresik ini mengaku telah menyiapkan berbagai strategi ekspansi.

"Bahkan kami menargetkan untuk menjadi perusahaan persemenan terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara," imbuhnya.

Berdasarkan data yang bersumber dari PT Semen Indoensia, pertumbuhan konsumsi semen domestik dalam 10 tahun terakhir mencapai rata-rata 6 % per tahun.  "Yang menjadi penopang dari pertumbuhan konsumsi semen tahun ini adalah properti dan pengembangan infrastruktur,"ugnkap Dwi. (Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.