Sukses

Usai Lion, Maskapai Jepang Borong Pesawat Airbus US$ 4,2 Miliar

Maskapai penerbangan asal Jepang, Japan Airlines Co yang dikabarkan berencana membeli sekitar 20 unit pesawat Airbus A350 dengan nilai total 400 miliar yen (US$ 4,23 miliar).

Aksi borong pembelian pesawat oleh maskapai penerbangan nasional, PT Mentari Lion Air (Lion Air) sebanyak 234 pesawat buatan Airbus senilai US$ 24 miliar bakalan diikuti maskapai lain

Adalah maskapai penerbangan asal Jepang, Japan Airlines Co yang dikabarkan berencana membeli sekitar 20 unit pesawat Airbus A350 dengan nilai total 400 miliar yen (US$ 4,23 miliar).

Media Jepang, Nikkei melaporkan pembelian pesawat tersebut bertujuan mengurangi ketergantungan pengadaan armada Japan Airlines terhadap Boeing, Senin (25/3/2031).

Maskapai induk Jepang sedang mempertimbangkan untuk mengunakan pesawat jet Airbus A350-1000 untuk melayani rute penerbangan ke Eropa dan Amerika Serikat (AS). Armada ini untuk menggantikan pesawat Boeing 777 yang selama ini melayani rute tersebut.

Rencananya, Japan Airlines akan memastikan keputusan pembelian armada tersebut pada Juni mendatang. Sayang, manajemen Japan Airlines maupun Airbus tidak bisa segera dihubungi untuk memberikan komentar.

Kesepakatan Japan Airlines untuk pembelian pesawat A350 ini akan menjadi yang pertama dengan
perusahaan pembuat pesawat asal Eropa Airbus yang termasuk didalamnya fasilitas simulasi untuk pelatihan pilot.

Hal ini dilakukan Japan Airlines terkait akan dipensiunkannya pesawat jet McDonnell Douglas MD90
setelah penerbangan akhirnya pada 30 Maret 2013 nanti. Pada saat ini Japan Airlines memiliki 100 armada McDonnell Douglas MD90.

Demikian pula tujuh pesawat pengangkut Boeing 787 Dreamliner telah diberhentikan penerbangannya sejak pertengahan Januari karena masalah baterai lithiumion nya. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.