Sukses

30 Emiten Paling Transparan di Indonesia

Indonesia Institute of Corporate Directorship (IICD) menetapkan 30 perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai Top 30 Emiten dengan Skor Corporate Governance (CG) tertinggi tahun 2013.

Indonesia Institute of Corporate Directorship (IICD) menetapkan 30 perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai Top 30 Emiten dengan Skor Corporate Governance (CG) tertinggi tahun 2013.

Skor tersebut diperoleh dari hasil penilaian IICD yang menggunakan acuan ASEAN Corporate Governance Scorecard dalam menilai praktek transparansi perusahaan terbuka di Indonesia.

ASEAN CG Scorecard merupakan inisiatif dari ASEAN Capital Market Forum (ACMF) yang beranggotakan para regulator pasar modal di negara ASEAN. Scorecard ini juga telah digunakan untuk menilai praktek CG perusahaan terkemuka di negara ASEAN lainnya seperti Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Sesuai pengumuman IICD di Jakarta, Senin (25/3/2013),  sebanyak 10 perusahaan terbuka di pasar modal tanah air berhak menggondol status sebagai emiten paling transparan di Indonesia. Dalam daftar 10 besar, dominasi perbankan dan perusahaan pemerintah sangat terlihat.

Emiten yang mendapatkan skor tertinggi tersebut, memiliki performa yang baik di bisnisnya masing-masing disamping harga saham yang relatif lebih tinggi dibandingkan emiten yang lain. Pertumbuhan yang dicapainya dalam tahun ke tahun pun terus menunjukkan kemajuan.

Penilaian yang dilakukan oleh IICD ini ini terdiri dari tiga tahap. Tahap Pertama, Penilaian, dilakukan oleh para asesor IICD yang sudah relatif baik dan berpengalaman.

Tahap kedua, Verivikasi, dilakukan oleh team reviewer lewat diskusi intensif bersama dengan para asesor

Tahap Ketiga, dilakukan penilaian kembali dan review oleh CG Expert dari 5 negara lainnya terhadap sebagian emiten. Setiap emiten akan dinilai oleh dua asesor untuk memastikan keajkuratan penilaian.

Berikut adalah daftar 10 emiten dengan tingkat transparansi terbaik diantara jajaran emiten di pasar modal Indonesia: (Urutan dibuat berdasarkan abjad perusahaan)

1.  PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk,
2.  PT Aneka Tambang (Persero),
3.  PT Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten Tbk,
4.  PT Bank Danamon Indonesia Tbk,
5.  PT Bank Internasional Indonesia Tbk,
6.  PT Bank Mandiri (Persero) Tbk,
7.  PT Bank Negara Indoensia Tbk, 
8.  PT Bank OCBC NISP Tbk,
9.  PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk,
10.PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

Sementara untuk posisi 11 hingga 20 berdasarkan urutan abjad diisi oleh:

1.  PT ABM Investama Tbk,
2.  PT Bank Tabungan Negara (Persero),
3.  PT Bank CIMB Niaga Tbk,
4.  PT Bank Rakyat Indonesia (Persero),
5.  PT Tambang Batu Bara Bukit Asam (persero),
6.  PT Tambang Raya Megah Tbk,
7.  PT Jasa Marga Tbk,
8.  PT Medco Energi Internasional Tbk,
9.  PT. Semen Gresik (Persero)
10.PT XL Axiatama Tbk.

Terakhir, di posisi 21 hingga 30, adalah emiten-emiten:

1.  PT Astra Internasional Tbk,
2.  PT Bank Central Asia Tbk,
3.  PT Bank Panin Tbk,
4.  PT Bank Permata Tbk,
5.  PT Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk,
6.  PT Garuda Indoensia (Persero),
7.  PT Indosat Tbk,
8.  PT Kalbe Farma Tbk,
9.  PT Timah (persero) dan
10.PT Wijaya Karya (Persero). (Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini