Sukses

Lima Cara Agar Investasi Anda Bisa Hasilkan Uang

Benarkah keberuntungan bisa begitu kuat mempengaruhi hasil investasi seseorang? Berikut lima strategi yang dapat dipergunakan untuk meminimalkan ketidakberuntungan investasi Anda.

Tampaknya ada pola tertentu di antara investor yang selalu berhasil mendapatkan hasil investasi yang baik. Sementara ada pula mereka yang hampir tak pernah memperoleh hasil tersebut.

Berdasarkan pandangan umum, alasan ada beberapa pihak yang mendapatkan hasil karena mereka itu beruntung. Padahal, hal tersebut dinilai tidak sepenuhnya benar.

Keberuntungan terkadang tidak ada hubungannya dengan kemampuan seseorang selalu mendapatkan hasil atau tidak dari investasinya. Benarkah keberuntungan benar-benar mempengaruhi hasil pada uang kita?. Dan apakah keberuntungan bisa begitu kuat mempengaruhi hasil investasi seseorang?.  

Pada dasarnya, seperti dilansir media Malaysia, the Star, Selasa (26/3/2013), menilai tidak ada hal seperti faktor keberuntungan. Hal yang ada hanya bagaimana pasar bereaksi terhadap berbagai kondisi ekonomi, politik, dan lingkungan. Hal ini yang mempengaruhi investasi Anda.  

Meminimalkan pandangan soal investasi ini sangat penting. Sama seperti beberapa orang menggunakan strategi psikis untuk meminimalkan serentetan nasib buruk.

Berikut lima strategi yang dapat dipergunakan untuk meminimalkan ketidakberuntungan investasi Anda:

1. Kembangkan Rencana investasi

Jangan mengubah tujuan dan arah investasi Anda terlalu sering. Selalu penyesuaian investasi secara bertahap daripada melakukannya dengan drastis.  

2. Bersabar dengan Rencana Investasi

Tinjau rencana Anda setiap tahun dan jangan melukannya setiap bulan. Kesabaran menjadi inti dari keberhasilan investasi Anda.  

3. Pahami Cara Kerja Pasar Ekuitas

Pasar ekuitas tidak pernah bergerak dalam garis lurus ke atas. Ekspektasi kinerja yang salah hanya menghasilkan jalan memutar jauh dari tujuan awal portofolio Anda.  

4.Cegah Kelumpuhan Analisis

Kemampuan Anda mengambil keputusan dapat dengan mudah menyambungkan analisis mengenai data dan tren.
 
5. Hindari Spekulasi dan Pesimisme

Spekulasi dapat membawa Anda ke zero sum game jika tidak dikontrol. Di sisi lain, pesimisme membuat Anda mengabaikan kesempatan membeli saat harga turun.  

Ingatlah bahwa bahkan penjudi profesional tidak percaya pada keberuntungan, mereka selalu memiliki rencana permainan untuk menang. Bagaimana dengan Anda? (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.