Sukses

Survei: Perburuan Lowongan Pekerjaan di RI Beralih ke Internet

Pencarian Kerja di Indonesia telah mengalami perubahan besar dalam satu tahun terakhir ini. Kini hampir 82% pencari kerja di tanah air lebih memilih mencari lowongan pekerjaan lewat portal pencari kerja online.

Pencarian Kerja di Indonesia telah mengalami perubahan besar dalam satu tahun terakhir ini. Hal tersebut ditunjukan hasil riset yang dilakukan oleh portal lowongan kerja jobsDB.

Dalam riset terbarunya, terungkap fakta bahwa kebiasaan lama mencari kerja lewat iklan lowongan di media cetak sudah mulai ditinggalkan dan perlahan beralih ke metode pencarian melalui media internet.

Chief Executive Officer jobsDB Group, Adrian Chang, mengungkapkan 82% pencari kerja di tanah air kini lebih memilih mencari lowongan pekerjaan lewat portal pencari kerja online.

"Mereka berpendapat lowongan kerja yang ditampilkan di portal tersebut bukan hanya lebih banyak tapi juga lebih berkualitas dan lebih sesuai dengan pekerjaan yang mereka inginkan," kata Adrian saat menghadiri temu media, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (26/3/2013).

Adrian menambahkan, sepanjang dua tahun terakhir tepatnya sejak Januari 2011 hingga Januari 2013, jumlah pengakses situs lowongan kerja jobsDB Indonesia dengan perangkat mobile telah meningkat tajam hingga 266%.

"Peningkatan ini sangat berhubungan erat denga tingginya penetrasi perangkat mobile seperti smartphone," ungkap Adrian.

sebagai informasi, riset jobsDB tentang pencarian kerja dilakukan pada November 2012 yang terdiri atas beragam fokus studi yang diarahkan dan dipimpin oleh sekitar 100 orang yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Selain Indonesia, jobsDB juga melakukan riet di lima negara lain yaitu Malaysia, Hongkong, Singapura, Thailand dan Filippina (Pew/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini