Transportasi Udara Diprediksi Tumbuh Paling Tinggi Dari Yang Lain

  • Ekonomi
  • 0
  • 30 Mar 2013 11:44

penumpang-pesawat-130329c.jpg
Pertumbuhan alat transportasi udara atau pesawat diperkirakan menjadi yang paling dominan dibandingkan yang lain seperti angkutan darat, laut dan kereta api.

Pendorongnya, pertumbuhan kemampuan daya beli masyarakat Indonesia yang terus membaik dan langkah ekspansi operator penerbangan untuk menambah armada pesawatnya.

Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Danang Parikesit, memperkirakan pertumbuhan alat transportasi udara pada tahun ini sekitar 20%.

"Ini berkaitan dengan pendapatan masyarakat yang juga tumbuh dan naik daya belinya sehingga mereka mencari alat transportasi yang efisien dan cepat," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, baru-baru ini.

Sementara alat transportasi lain seperti laut diperkirakan hanya naik 12%, alat transportasi darat sebesar 8% sampai 10% dan paling akhir adalah alat transportasi kereta api yang hanya 8%.

Dia menilai saat ini perbedaan harga antara pesawat dengan kereta api, misalnya memiliki rentang harga yang tidak terlalu jauh. Tak heran, masyarakat banyak yang lebih memilih naik pesawat dibandingkan kereta untuk rute jauh demi efisiensi.

Selain tingkat kemampuan masyarakat, banyaknya operator maskapai yang terus mengembangkan usahanya terutama dalam pengadaan armada, semakin membuat keyakinan masyarakat memilih alat transportasi udara.

Terbukti, baru-baru ini salah satu operator maskapai nasional Lion Air Group telah memborong 234 pesawat terbang Airbus jenis A320 senilai US$ 24 miliar atau setara Rp 234,24 triliun.

"Pertumbuhan pesawat udara makin banyak dan pendapatan masyarakat juga naik sehingga daya beli tinggi maka tiket pesawat terasa relatif makin murah," tandas dia. (Nur)

Terpopuler