Sukses

Garuda Fokus Terbangi Kawasan Timur Indonesia

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), maskapai penerbangan nasional, mulai melirik penerbangan ke Kawasan Timur Indonesia dengan menggunakan pesawat Bombardier CRJ 1000 NextGen yang sudah dipesan perusahaan.

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), maskapai penerbangan nasional, mulai melirik penerbangan ke Kawasan Timur Indonesia dengan menggunakan pesawat  Bombardier CRJ 1000 NextGen yang sudah dipesan perusahaan.

"Pemerintah sendiri ada program MPE3I, mengarah ke Indonesia Timur, maka kita akan menempatkan pesawat Bombardier sekarang di Makasar, nanti bikin hub baru, ke kota di kawasan timur. Nanti istilahnya bombardier itu akan dipergunakan sebagai hub by pass," ujar Vice President Communication PT Garuda Indonesia, Pujobroto, saat berbincang dengan Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan pembukaan hub di kawasan Timur bertujuan memberikan kemudahan bagi penumpang Garuda Indonesia. Mereka tidak perlu lagi harus transit di Jakarta yang saat ini telah menjadi hub pertama Garuda jika ingin ke wilayah lain yang dekat dengan hub baru di Makassar.

Dia mengungkapkan pihaknya sudah memesan 96 unit pesawat privat jet Bombardier untuk memudahkan penerbangan ke kawasan timur Indonesia. Pemilihan pesawat tersebut dinilai cocok bagi rute-rute yang menjadi incaran Garuda.

Adapun beberapa rute penerbangan baru Garuda Indonesia ke kawasan Timur Indonesia, seperti Manokwari, Sorong, Bengkulu dan Tanjung Pinang.

Pada tahun ini, Garuda berencana menerima kedatangan 24 pesawat baru. Pesawat tersebut akan melengkapi armada Garuda Indonesia dan anak usahanya yakni Citilink hingga berjumlah 139 unit di akhir 2013.

Pesawat yang didatangkan Garuda yakni Boeing 777-300 ER, Airbus A 330,  Boeing 737-800 NG dan  Bombardier CRJ 1000 NextGen. Sementara Citilink siap menerima 11 Airbus A320-200 dan 5 ATR-72. (Ndw/Nur)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.