Sukses

Harga Bawang Putih Anjlok 62% Jadi Rp 22 Ribu per Kg

Memasuki bulan April, harga komoditas seperti bawang dan cabai diprediksi mengalami penurunan.

Harga bawang putih anjlok hingga 62% menjadi Rp 22 ribu per kilogram (kg) pada awal April 2013, dari sebelumnya menembus Rp 60 ribu-Rp70 ribu per kg.

Harga bawang putih bisa ditekan dalam tempo kurang dari dua pekan akibat kebijakan pemerintah melepas kontainer bawang putih yang sebelumnya diimpor dengan persyaratan tak lengkap.  Selain itu, harga bawang putih di China mengalami penurunan.

Tidak hanya bawang putih, harga komoditas lain seperti bawang merah dan cabai biasanya juga ikut turun pada April.  "Format 4-5 tahun terakhir, cabai mulai turun April. Maret memang puncaknya," Wakil Menteri Perdagangan Bayu Khrisnamurti di Kantor Kementerian Perdagangan, Selasa (2/4/2013).

Berdasarkan pantauan Kemendag, dalam dua pekan terakhir di pasar induk Kramat Jati, harga cabai keriting turun 38,29%, cabai biasa 33%, sedangkan cabai rawit telah turun 7,29%.

"Harga cabai merah kriting pada Maret lalu sama dengan yang terjadi di Maret 2012, dan 2011 yaitu mencapai Rp 25 ribu," imbuh Bayu.

Meski terjadi penurunan harga cabai merah kriting, di beberapa daerah masih terjadi kenaikan harga. Misalnya, Samarinda yang masih alami kenaikan 4,9%, sedangkan di Manokwari naik 4,2%.

"Berdasarkan pengalaman, kami pernah alami harga yang lebih tinggi," ujarnya. (Est/Ndw)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini