Sukses

IHSG Konsolidasi di Tengah Penuhnya Sentimen Negatif

Indeks Harga Saham Gabungan diperkirakan akan bergerak konsolidasi. Rentang pergerakan IHSG akan melaju di kisaran support-resistance 4.930-4.975.

Indeks Harga Saham Gabungan berhasil rebound pada perdagangan kemarin (Selasa, 2/4/2013). Padahal setelah sehari sebelumnya, indeks sempar mengalami koreksi tipis.

"Kenaikan IHSG cukup mengejutkan karena terjadi ditengah berbagai sentimen negatif dari baik dari dalam negeri maupun luar negeri," ujar Analis Panin Sekuritas Purwoko Sartono dalam ulasannya, Rabu (3/4/2013).

Purwoko memperkirakan, indeks hari ini akan bergerak konsolidasi. Rentang pergerakan IHSG akan melaju di kisaran support-resistance 4.930-4.975.

Menurut Purwoko, sentimen negatif dari luar negeri tersebut berasal dari data manufaktur Amerika Serikat yang tercatat meleset dari perkiraan. Kondisi yang sama datang dari data ekonomi dari China, Jepang, dan Korea yang di bawah ekspektasi.

"Ekspansi manufaktur AS bulan Maret yang lebih rendah dari perkiraan, yaitu 51,3 dari perkiraan 54," katanya.

Data pengangguran di kawasan eropa yang akan diumumkan hari ini kemungkinan akan mencapai rekor terburuk di bulan Februari, yaitu di level 12%.

Data manufaktur China bulan Maret tercatat 50,9 atau lebih rendah dari konsensus yang sebesar 51,2.

Dari dalam negeri, pelaku pasar masih dihantui dengan data inflasi Maret sebesar 0,63% dan defisit neraca perdagangan US$ 327 juta yang juga lebih buruk dari estimasi.(Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini