Pertamina Operasikan Kapal Angkut Gas Terbesar di Dunia

  • Energi & Tambang
  • 0
  • 05 Apr 2013 21:02
PT Pertamina (Persero) akan mengoperasikan dua kapal pengangkut gas elpiji masing-masing berkapasitas 84 ribu metrik kubuk. Kedua alat angkut laut tersebut akan menjadi kapal pengangkut gas terbesar di dunia.

Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero) Hanung Budya mengatakan, kapal bernama Pertamina Gas I akan masuk ke Indonesia pada Oktorber 2013. Kapal ini akan berperan sebagai armada operasional Pertamina untuk mengangkut gas elpiji.

Sementara kapal kedua yang diberi nama Pertamina Gas II akan didatangkan pada Mei 2014.

"Untuk kapal tanker Pertamina yang baru akan datang 2 kapal pengangkut elpiji terbesar di dunia 84 ribu meter kubik, karena yang terbesar saat ini 80 ribu," kata Hanung saat menghadiri penandatanganan kerjasama jual beli pelumas, di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (5/4/2013).

Hanung menambahkan, dalam konteks produksi pelumas, Pertamina kini sedang membangun lube oil blanding plant di Jakarta. Fasilitas baru tersebut akan menggunakan tehnologi paling modern di dunia.

"Lagi disiapkan, mudah-mudahan bisa produksi tahun depan," ungkap Hanung.

Selain itu Pertamina juga sedang mempersiapkan pembangunan grease plant tebesar di Asia Tenggara. Keberadaan fasilitas ini akanmelengkapi base oil di Cilacap berkapasitas 360 ribu hingga 400 ribu ton per tahun dan di Dumai

"Di Dumai salah satu base oil grup tiga terbaik di dunia. Cari kemungkinan produksi base oil," pungkas Hanung. (Pew/Shd)

Credit: Shd

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler