Sukses

Dahlan Punya Tiga Cara untuk Bangkitkan Ekonomi RI

Setiap negara memiliki cara masing-masing untuk membangkitkan ekonominya. Menurut Menteri BUMN Dahlan Iskan, Indonesia punya tiga cara untuk mendongkrak ekonominya. Apa saja?

Setiap negara memiliki cara masing-masing untuk membangkitkan ekonominya. Menurut Menteri BUMN Dahlan Iskan, Indonesia punya tiga modal untuk mendongkrak ekonominya. Apa saja?

Saat menjadi pembicara di acara Youth Entrepreneur bertemakan "To Be The Top entrepreneur" di Universitas Islam Bandung, Sabtu (6/4/2013), Dahlan menceritakan bagaimana cara sejumlah negara bangkit dalam bidang ekonominya.

Menurut dia, ada negara yang  bangkit dengan membangun ekonomi kecil atau pengusaha UKM seperti Taiwan. Ada juga negara yang maju karena peranan konglomerasi atau pengusaha besar yaitu Korea Selatan.  Terakhir, ada negara yang bangkit karena peranan perusahaan-perusahaan negara, contohnya Singapura.

"Nah Indonesia punya tiga-tiganya sehingga untuk bangkit sudah sangat cukup potensinya. Tinggal kita saja memanfaatkan seluruh potensi dan keunggulan yang kita miliki," ungkap Dahlan seperti dituturkan Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi kepada Liputan6.com, Sabtu (6/4/2013).

Seperti Taiwan, di awal-awal kebangkitannya, pengusaha-pengusaha kecil yang berusaha dengan bahasa inggris yang terbatas dengan modal kalimat bahasa inggris seperti barang ini bagus dan barang ini murah atau this is good.

"Jadi apapun pertanyaan pembeli, selalu jawabannya seperti itu. Dan akhirnya mereka berhasil dan bangkit di bidang ekonominya majunya luar biasa," ceritanya. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini