Sukses

10 Pasar Properti yang Paling Diburu Investor Dunia

Permintaan properti yang terus meningkat membuat sektor ini tetap menjadi incaran investor. Berikut 10 negara dengan pertumbuhan nilai properti tertinggi di dunia.

Merosotnya nilai atau harga real estate di Prancis pada akhir Desember 2012 sebesar 1,6% tidak diiringi penurunan nilai perumahan di beberapa negara di dunia.

Berikut 10 negara yang mencatatkan pertumbuhan nilai properti, termasuk real estate seperti dilansir dari laman Forbes, Senin (15/4/2013) :  

1. Hong Kong

Meningkatnya permintaan terhadap real estate mendorong melonjaknya harga atau nilai perumahan di Hong Kong. Negara ini bisa dibilang merupakan lokasi terbaik untuk berinvestasi di bidang properti, mengingat tahun lalu harga rumah naik 23,6%. Bahkan sebuah rumah di lingkungan Parkview seluas 1.800 meter persegi dengan tiga buah kamar tidur dihargai US$ 4,7 juta.


2. Dubai

Negara di kawasan Timur Tengah ini mencatatkan kenaikan harga rumah sebesar 19% pada 2012. Harga sebuah apartemen yang memiliki fasilitas tiga kamar tidur di bangunan Princess Towers, Dubai seluas 1.980 meter persegi dibanderol lebih dari US$ 843 ribu.


3. Brazil

Dari sisi penawaran, nilai rumah di negara Brazil bertumbuh 13,7%. Ini bukan data penjualan akhir, namun hanya untuk lokasi tertentu. Jika Anda mengingkan real estate cantik Ipanema di Brazil atau Rio de Janeiro Pao de Acucar (Sugarloaf), Anda harus merogoh kocek sekitar US$ 2,2 juta.

4. Turki


Bagi Anda yang berharap tidur nyenyak di sebuah real estate di Istanbul Skyline, Turki, Anda akan dikenakan biaya US$ 183 ribu. Karena real estate tersebut tengah dalam pengembangan baru di 2014 dan berdiri di atas lahan 1.500 meter persegi. Di Turki, harga rumah merangkak naik 10,5%.


5. Moskow

Harga real estate di Moskow meningkat sebesar 10,1% di 2012. Sebuah penthouse di Moskow dengan luas 1.800 meter persegi dan dilengkapi dua kamar tidur dapat Anda miliki seharga Rp 3,5 juta.


6. Austria

Austria juga termasuk dalam jajaran pasar rumah terpanas di kawasan negara Eropa dengan nilai apresiatif, karena hara perumahan di negara tersebut menyentuh kenaikan 10,1%. Penggemar ski dapat membeli rumah di pegunungan seharga US$ 653 ribu.

7. Taiwan

Mansion dengan empat kamar tidur mini di daerah pedesaan di Taiwan dihargai hingga US$ 17 juta, karena memiliki luas lahan 2.600 meter persegi. Tingginya harga mansion tersebut, disebabkan peningkatan nilai perumahan di Taiwan sebesar 9,7%.


8. China

Pesatnya perkembangan sejumlah kota di China, seperti di Shanghai ikut melejitkan nilai atau harga rata-rata real estate sepanjang tahun lalu sebesar 8,5%. Real estate di sebuah distrik Xiantindi, Shanghai yang menyasar segmen para bangsawan maupun masyarakat kelas atas dibanderol US$ 1,25 juta dengan luas sekitar 1.800 meter persegi.


9. India

Salah satu distrik di daerah Timur Adheri, Mumbai menawarkan real estate dengan tiga kamar tidur dan mempunyai luas 1.440 meter persegi. Real estate tersebut dapat dimiliki seharga US$ 423 ribu, mengingat pada tahun lalu, harga perumahan di India mengalami peningkatan sebesar 8,5%.

10. Kolombia

Keindahan daerah Cartagena saat matahari terbenam, begitu menyihir para penguni apartemen di Bocagrande, Cartagena, Kolombia. Tak heran bila, harga rumah ataupun apartemen di kawasan tersebut di jual sekitar US$ 368 ribu dengan luas 1.100 meter persegi. Pasalnya, Kolombia ikut mencatatkan kenaikan harga perumahan sebesar 8,3% di 2012. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.