Menperin: Saya Tawarkan Nike Bangun Pabrik di Sukabumi

on

Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat mengusulkan produsen sepatu asal Amerika Serikat (AS), Nike membangun pabrik di Sukabumi, Jawa Barat. Hal itu menyusul rencana Nike menjadikan Indonesia sebagai basis produksinya nomer wahid di dunia.

Hidayat menuturkan industri alas kaki merupakan industri labor intensive (padat karya). Sebagai salah satu pemain yang bisa mencapai ekspor hingga US$ 1,5 miliar pada 2012, tentunya Nike membutuhkan daerah produksi yang tidak terlalu bergejolak dari sisi tenaga kerja.

"Saya menyarankan, kalau di sekitar Jabodetabek mungkin akan ada problem di kemudian hari. Jadi saya menawarkan di daerah Sukabumi. Yang dia (Nike-red) lakukan sekarang bisa diteruskan, di Jawa Barat bagian selatan atau di Jawa Tengah," ujar Hidayat, Jumat (19/4/2013).

Seperti diketahui, saat ini Indonesia menjadi basis produksi ketiga Nike, setelah China dan Vietnam. Di Indonesia sendiri Nike telah memproduksi sepatu di 38 basis produksi, termasuk di Sukabumi, Jawa Barat. Dari 38 basis produksi tersebut, Nike telah menyerap tak kurang dari 170 ribu tenaga kerja Indonesia.

Dengan pertumbuhan yang sangat baik, Nike melihat potensi Indonesia sebagai basis produksinya nomer satu. Oleh karena itu, Nike berencana membangun pabrik di Indonesia.

Rencana tersebut telah terlontar dari Presiden Direktur Nike Indonesia, Jeff Perkins, Senin (8/4/2013), saat berkunjung ke kantor Hidayat. Namun, pada saat itu mereka belum bisa memilih lokasi mana yang strategis untuk didirikan pabrik. (Est/Ndw)

Credit Ndw

Suka artikel ini?

0 Comments