Sukses

Kendaraan Listrik Diprediksi Terjual 2,19 Juta Unit di 2012-2020

Navigant Research, perusahaan penelitian berbasis di Chicago memperkirakan penjualan kendaraan listrik global periode 2012 sampai 2020 bisa mencapai 2,19 juta unit.

Navigant Research, perusahaan penelitian berbasis di Chicago memperkirakan penjualan kendaraan listrik global periode 2012 sampai 2020 bisa mencapai 2,19 juta unit.

Saat ini, pengembangan kendaraan listrik terus berlangsung di kawasan Asia Pasifik, Amerika Utara, dan Eropa Barat. Kawasan lain seperti Eropa Timur, Amerika Latin, dan Timur Tengah juga tengah mempersiapkan pengembangan kendaraan yang konon ramah lingkungan tersebut.

"Harga rata-rata bahan bakar kendaraan konvensional kemungkinan akan terus meningkat dalam dekade ini. Kondisi ini yang mendorong permintaan untuk kendaraan listrik," kata Dave Hurst, Kepala Analis Navigant Research, Minggu (21/4/2013).

Dia menuturkan, kebijakan pemerintah, terkait insentif pembelian, peraturan emisi, pajak bahan bakar, dan aturan ekonomi bahan bakar, juga akan memainkan peran yang kuat dalam perluasan pasar kendaraan listrik.

Laporan berjudul "Prediksi Pasar Kendaraan Listrik," tersebut  juga menyebutkan jika penjualan kendaraan listrik akan tumbuh lebih cepat daripada pasar otomotif secara keseluruhan.

Pertumbuhan pasar kendaraan secara keseluruhan diprediksi hanya sebesar 2% per tahun sampai 2020, sedangkan penjualan kendaraan listrik tumbuh hampir 40% selama dekade terakhir.

Namun demikian, penjualan kendaraan listrik pada 2020 diprediksi hanya menguasai sebagian kecil dari penjualan kendaraan secara tahunan, yakni kurang dari 2%.

Laporan ini mengacu pada perkiraan ukuran pasar, analisis pangsa pasar kendataan berat hibrida, plug-in hybrid, dan baterai mobil listrik dan truk.

Laporan juga mencakup data yang komprehensif untuk penjualan dan asumsi perkiraan yang mendasari pasar konsumen dan kendaraan.

Penjualan kendaraan tahunan pada segmen kendaraan listrik dan pangsa pasar untuk produsen utama diperkirakan sampai 2020, tersegmentasi menurut wilayah dan negara-negara di dunia. (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini