Sukses

Coba Antisipasi Aksi Beli, IHSG Bergerak Konsolidasi

Mengawali pekan keempat April 2013, IHSG diperkirakan bakal bergerak konsolidasai usai melemah akhir pekan lalu. Investor mengantisipasi beli terkait laporan keuangan emiten kuartal I-2013

Mengawali pekan keempat April 2013, indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan bakal bergerak konsolidasai usai melemah akhir pekan lalu. Indeks sebelumnya sempat mencapai rekor tertinggi sekaligus memasuki level baru di zona 5.000.

Pada perdagangan Senin (22/4/2013), IHSG diperkirakan bakal bergerak di kisaran support dan resistance 4.970-5.020.

Research Analyst PT Panin Sekuritas Tbk, Purwoko Sartono dalam ulasannya, memperkirakan investor masih akan mencoba mengantisipasi beli terkait laporan keuangan emiten kuartal I-2013.

Menurut Purwoko, pelemahan IHSG pada penutupan akhir pekan lalu disebabkan aksi ambil untung (profit taking) pasca indeks sempat menembus level 5.000.

Penurunan IHSG terjadi ditengah menguatnya sebagian bursa regional terkait optimisme akan penambahan stimulus di Jepang menjelang rapat Bank Sentral Jepang atau Bank of Japang. Sentimen lain berasal dari naiknya saham berbasis komoditas.

Disisi lain, pergerakan IHSG juga masih dibayangi beberapa data makro ekonomi Amerika Serikat (AS) yang di bawah ekspektasi. Laporan keuangan korporasi AS kuartal I-2013 juga dibawah ekspektasi. Sejauh ini sudah 85 perusahaan dari penghuni indeks S&P 500 yang merilis kinerja dan 75% diantaranya berhasil melampaui perkiraan.

Laporan keuangan ini penting karena investor sedang melihat apakah kinerja emiten sejalan dengan perkiraan di tengah pelemahan data ekonomi global. "Jika bisa lebih baik maka pasar mendapat kepercayaan lagi untuk kembali menguat," kata Purwoko. (Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.