Sukses

JK Bantah Bukaka Kalah Tender Monorel, yang Benar Mundur

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla alias JK menampik jika perusahaannya PT Bukaka kalah dalam tender proyek monorel. Hal yang terjadi Bukaka tidak jadi masuk dalam proyek tersebut.

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla alias JK menampik jika perusahaannya PT Bukaka kalah dalam tender proyek monorel. Hal yang terjadi Bukaka tidak jadi masuk dalam proyek tersebut.

"Bukan, tidak kalah tapi Bukaka tidak masuk," ungkap Jusuf Kalla saat ditemui dalam acara dialog bertema Demokrasi Indonesia Apa Yang Salah, Kamis (25/4/2013).

Menurut JK, Bukaka tidak jadi masuk pada proyek monorel karena perusahaan pemegang izin pembangunan proyek transportasi tersebut, yakni PT Jakarta Monorail menyatakan ingin menggarap sendiri.

"Pemegang izinnya itu memilih memegang sendiri. Ini kan hanya minta bantuan saja ke Bukaka, begitu tidak mau dibantu, ya terserah saja," tegas dia.

Dia pun mengaku senang jika pembangunan monorail mulai memasuki tahap pengecoran pada Mei nanti.

Seperti diketahui, PT Jakarta Monorail (JM) memutuskan menggandeng Ortus Group dalam pembangunan proyek monorel ibukota.

Rencananya, proyek monorel yang dibangun sepanjang 30 kilometer dan dibagi dalam dua rute yaitu rute Jalur Hijau yang melintasi Kuningan - Dukuh Atas - Pejompongan - Senayan - Gatot Subroto - SCBD. Rute ini diperkirakan terbentang sepanjang 14,5 km.

Rute kedua atau Jalur Biru akan membentang sepanjang 15,5 km mulai dari Kampung Melayu - Tebet - Casablanca - Tanah Abang - Mall Taman Anggrek.

Ortus bahkan telah melunasi seluruh saham PT Adhi Karya Tbk di PT Jakarta Monorail dan PT Indonesia Transit Central (ITC) berikut penandatanganan kesepakatan harga tiang-tiang monorel senilai Rp 190 miliar. PT Jakarta Monorail akan gunakan monorel buatan China.(Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini