Sukses

Moncong Monorel akan Dipamerkan di Silang Monas Awal Mei

PT Jakarta Monorail mengungkapkan badan dan kepala monorel yang akan digunakan di ibukota kini tengah diterbangkan dari China. Kedua bagian Monorel akan dipamerkan di silang Monas bulan depan.

Sebelum pembangunan monorel dimulai, rencananya PT Jakarta Monorail akan terlebih dahulu memamerkan kereta monorel kepada masyarakat di lapangan silang Monas bulan depan.

"Kami akan pamerkan bentuk depan dan bagian badan Monorel yang biasa diperuntukan bagi penumpang di Monas minggu pertama awal Mei nanti," ujar Juru Bicara PT Jakarta Monorail, Bovanantoo, melalui pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Jumat (26/4/2013).

Bovananto mengatakan, kedua bagian monorel yang akan dipamerkan tersebut saat ini masih dalam perjalanan dari Cina menuju ke Indonesia.

"Badan dan depan Monorel ini akan menjadi display dan sedang dalam perjalanan dari Cina menuju Indonesia" kata dia.

Ia sendiri menargetkan, pembangunan monorel yang dibuat dengan dua jalur yang terdiri dari jalur green line dan jalur Blue line ini akan selesai dalam kurun waktu 2,5 tahun. Jalur green line nantinya diisi dengan monorel yang terdiri dari 4 gerbong melayani rute Semanggi-Casablanca-Kuningan-Semanggi. Sementara blue line nantinya terdiri dari 6 gerbong melayani Kampung Melayu-Casablanca-Tanah Abang-Roxy.

"Jumlah penumpang pada dua jalur itu  ditargetkan mencapai 300 ribu setiap hari. Dalam waktu lima tahun diharapkan jumlah penumpang mencapai 600 ribu setiap harinya," ujarnya.

PT Jakarta Monorail juga memastikan telah melengkapi berbagai persyaratan administrasi pembangunan monorel yang selama ini diminta oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Bila pemerintah provinsi DKI Jakarta sudah memutuskan untuk segera memulai pekerjaan, pihaknya mengaku telah siap.

"Segera setelah pak gubernur mengeluarkan surat resmi, konsultan teknis akan langsung mengecek kondisi tiang tiang yang ada," katanya.

Untuk kereta yang akan digunakan, Bovanantoo mengatakan, pihaknya akan menggunakan kereta hasil pabrikan perusahaan cina CNR (Changchun Railway) Vehicle Co, Ltd. "Perusahaan tersebut telah memproduksi rolling stock (kereta) monorail yang saat ini beroperasi di Kota Chongqing, China," ucapnya.(Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini