Sukses

Kadin Pusat Pecat Oesman Sapta dan 9 Ketua Kadin Daerah

Kadin Indonesia secara resmi mencopot keanggota Oesman Sapta dan 9 Kadin Daerah karena dianggap terlibat dalam penyelenggaraan Munaslub Kadin Indonesia di Pontianak, Kalbar.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia secara resmi mencopot keanggotaan Oesman Sapta Odang dari Kadin Indonesia dan secara otomatis kehilangan jabatannya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia. keputusan ini dikarenakan keterlibatan Oesman Sapta sebagai penggagas Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin Indonesia di Pontianak, Kalimantan Barat. 

Selain Oesman Sapta, Kadin juga telah mencabut keanggotaan sembilan Ketua Kadin Daerah yang terlibat dalam Munaslub Pontianak yang dianggap bukan bagian dari kegiatan resmi Kadin Indonesia.

"Kadin Indonesia menilai Oesman Sapta telah melakukan pelanggaran berat. Kami telah meminta Dewan Pertimbangan untuk menggelar rapat dan menunjuk penggantinya,” ujar Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto dalam siaran pers, Jakarta, Senin (29/4/2013).

Menurut Suryo, Ketua Umum Kadin Indonesia bersama Ketua Dewan Kehormatan Kadin Indonesia sekaligus Menteri Perindustrian MS Hidayat, telah bertemu dengan Oesman Sapta sebagai pengagas Munaslub sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia pada Sabtu (27 April 2013).

"Oesman Sapta sudah mendapatkan penjelasan detail mengapa Kadin Indonesia tidak memproses permintaan Munaslub karena prosesnya tidak sesuai dengan AD/ART Kadin Indonesia, namun pertemuan tersebut tidak menghasilkan kesepakatan apapun, karena itu untuk menjaga keutuhan organisasi maka pada Sabtu 27 April 2013 telah dikeluarkan pencabutan keanggotaan dan Ketua Dewan Pertimbangan,” jelas Suryo.

Terkait pencabutan keanggotaan 9 ketua Kadin Daerah, Kadin Pusat mengaku telah menunjuk para caretaker baru.

Suryo menegaskan, hasil Rakornas Bidang OKP TKP di Bandung pada 3 Februari 2013, Jakarta pada 8 dan 16 April 2013 memutuskan untuk  mengambil tindakan tegas kepada semua pihak termasuk diantaranya beberapa ketua umum kadin provinsi. Tindakan tegas tersebut berupa pencabutan keanggotaannya sebagai anggota kadin yang otomatis membuat yang bersangkutan kehilangan jabatannya sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Provinsi atau Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia.

Kadin Indonesia melihat, tindakan disiplin organisasi ini diambil dengan mempertimbangkan pelanggaran berat yang dilakukan yang bersangkutan atas pencemaran nama baik kadin Indonesia dan penyalahgunaan wewenang yang bersangkutan sebagai pejabat Kadin Indonesia.

"Kadin sangat menyesalkan atas semua tindakan yang dilakukan oleh yang bersangkutan bahkan telah berulang kali Kadin Indonesia melakukan langkah-langkah persuasif dan klarifikasi, namun tidak membuahkan hasil positif," jelas Suryo.

Berikut daftar nama 9 Ketua Kadin Daerah yang sudah dicopot keanggotaannya :

1. Kadin Prov Papua, Ketua John Kabey digantikan caretaker Syahril Hasan.
2. Kadin Prov Maluku, Ketua Daniel Solihait digantikan caretaker David Glen.
3. Kadin Prov Maluku Utara, Ketua Iqbal Ruray digantikan caretaker Adam Marsaoly.
4. Kadin Prov Sulawesi Barat, Ketua Harry Warganegara digantikan iTaslim Tammauni.
5. Kadin Prov Sulawesi Tenggara, Ketua Herry Asiku digantikan caretaker Abdul Jabir Uksim.
6. Kadin Prov Nusa Tenggara Barat, Ketua Bary Djadid digantikan caretaker Herry Prihatin.
7. Kadin Prov Kalimantan Barat, Ketua Santioso Tyo digantikan caretaker Endang Kesumayadi.
8. Kadin Prov Gorontalo, Ketua Rocky Liyanto digantikan caretaker Ferdiyanto Koniyo.
9. Kadin Prov Kepulauan Riau, Ketua Johannes Kennedy digantikan caretaker Nada Faza Soraya. (Dis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.