Duh SBY Bingung BBM! Satu Harga, Dua Harga dan Kapan Naiknya

on

Isu kenaikan BBM sudah dilontarkan sejak 3 tahun terakhir dan selama itu pula pemerintah terus mengalami dilema. Penurunan harga BBM di tahun 2009 menjadi Rp 4.500 dari tahun sebelumnya yang naik hingga Rp 6.000 per liter, dianggap sebagai kebijakan blunder hingga saat ini.

Blunder karena saat BBM akan dinaikkan lagi akibat APBN menanggung beban berat, pemerintah selalu khawatir aksi penolakan rakyat yang berlebihan. Dan kondisi seperti itulah yang terjadi saat ini.

Untuk kenaikan BBM kali ini, pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sampai harus membuat beberapa opsi yang bisa menyenangkan semua pihak.

Opsi pertama yang dikaji pemerintah dan Pertamina adalah membuat dua harga BBM. Yakni Rp 4.500 untuk angkutan umum dan motor, serta Rp 6.500 untuk mobil pribadi. Dengan opsi dua harga ini APBN bisa dihemat Rp 21 triliun.

Opsi kedua yang dikaji Badan Kebijakan Fiskal (BKF) adalah kenaikan untuk seluruh jenis kendaraan atau satu harga yang bisa menghemat APBN sebesar Rp 30 triliun.

Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik pada Senin kemarin di Istana Negara (29/4/2013), untuk opsi kedua ini, kenaikan harga BBM yang dipakai di bawah Rp 6.500 per liter.

Spekulasi yang beredar pemerintah akan menaikkan satu harga di level Rp 5.500 per liter, namun angka ini masih sekedar rumor karena dari pihak pemerintah tidak ada yang membenarkan.

Rencananya keputusan final terkait kebijakan harga BBM subsidi termasuk kompensasi yang diberikan untuk warga miskin, bakal diumumkan dalam Musyarawah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang dilaksanakan hari Selasa ini (30/4/2013) di Bidakara Jakarta.

Ajang Musrenbangnas yang dihadiri Presiden SBY kabarnya akan dijadikan momen untuk memutuskan kebijakan harga BBM.

Seperti apa kebijakan yang diumumkan SBY hari ini kemungkinan masih seputar satu harga atau dua harga.

Sedangkan waktu kenaikan BBM, masih banyak yang menyangsikan akan diumumkan hari ini. Apalagi Rabu besok adalah perayaan hari buruh sedunia (May Day) yang ditakutkan bisa jadi alasan untuk demo besar-besaran menolak kenaikan BBM.

Jadi kapan kenaikan harga BBM akan diumumkan? Semuanya masih teka-teki kalau melihat jawaban pemerintah yang hanya bisa bilang dalam waktu dekat. (Igw)
Suka artikel ini?

0 Comments