Investasi Rumah Mewah di Jakarta Terbaik Sedunia

on

Menjamurnya masyarakat kelas menengah baru di Indonesia membuat senyum merekah di muka para pengembang. Laporan terbaru dari Konsultan properti Internasional, Knight Frank menunjukan harga rumah mewah di Jakarta naik paling tinggi dibandingkan kota-kota top dunia lainnya.

Dengan kenaikan mencapai 38,1%, harga rumah mewah di Indonesia naik lebih tinggi dibandingkan Bangkok dan Miami yang masing-masing berada di urutuan kedua dan ketiga dengan pertumbuhan 26,1% dan 21.1%.

Dikutip Liputan6.com dari laporan Knight Frank, Rabu (1/5/2013), kenaikan harga rumah di Jakarta berbanding terbalik dengan kondisi di sejumlah negara tetangga di Asia.

Sementara di Miami, pertumbuhan harga rumah mewah dipicu untuk bertambahnya orang kaya Amerika Latin yang menjadi faktor utama. Brasil, Venezuela, dan Argentina menjadi penyumbang masuknya dana segar ke wilayah Miami.

Kondisi berbeda justru dialami pengembangan perumahan mewah di Tokyo, Jepang. Di ibukota Negeri Matahari Terbit ini, harga rumah mewah sepanjang kuartal I-2013 justru anjlok hingga 17,9%.

Secara keseluruhan, harga rumah mewah di dunia sepanjang tiga bulan pertama 2013 mengalami penurunan tipis sebesar 0,4%.  Knight Frank mencatat delapan kota di dunia mengalami pertumbuhan double digit termasuk dua kota di Eropa yang tengah dilanda krisis keuangan, Monako dan St Petersburg.

Tak seperti Jepang, negara-negara Asia seperti Hong Kong, Malaysia, dan Singapura justru tengah berjuang untuk menekan laju pertumbuhan sektor properti. Bahkan sejumlah upaya lewat pengetatan pinjaman, pajak dan regulasi terus dipacu oleh ketiga negara Asia tersebut.

Berikut adalah pertumbuhan perubahan harga rumah mewah sepanjang kuartal I-2013:

Peringkat Kota Perubahan Harga
Kuartal I-2013 (yoy)
1 Jakarta 38,1%
2 Babngkok 26,1%
3 Miami 21,1%
4 Dubai 18,3%
5 Shanghai 17,4%
6 St Petersburg 13,1%
7 Los Angeles 12,5%
8 Monako 12,2%
9 Hong Kong 8,8%
10 Nairobi 8,4%
(Shd)

Credit Shd

Suka artikel ini?

0 Comments