Sukses

Harga Daging Tak Melebihi Rp 100 Ribu per Kg Saat Lebaran

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan meyakini harga daging sapi bisa kembali normal di kisaran Rp 70 ribu-Rp 85 ribu per kilogram (kg), dari saat ini Rp 90 ribu-Rp 95 ribu per kg.

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) meyakini harga daging sapi bisa kembali normal di kisaran Rp 70 ribu sampai Rp 85 ribu per kilogram (kg), dari harga saat ini sekitar Rp 90 ribu sampai Rp 95 ribu per kg.

Utamanya, harga daging diprediksi tidak akan melebihi Rp 100 ribu per kg menjelang perayaan Lebaran 2013. "Jadi tidak akan ada lonjakan yang sangat besar untuk kenaikan harga daging di bulan Puasa dan Lebaran nanti. Harga daging pasti terkendali kembali," ujar Sekretaris Jenderal Kemendag Gunaryo ketika ditemui di Jakarta, Jumat (3/5/2013).

Gunaryo mengakui jika sampai saat ini harga daging masih terbilang tinggi. Seperti diketahui harga daging terus merangkak naik sejak awal tahun hingga mencapai Rp 100 ribu per kg.

Penyebabnya terutama karena pasokan tak mencukupi permintaan. Adapun harga daging di pasar saat ini sekitar Rp 95 ribu per kg.

Tanpa menjelaskan alasan, Gunaryo yakin harga daging bisa kembali stabil lagi, baik di tingkat konsumen maupun peternak.

"Jadi kami meyakini kalau harga daging bisa turun, harganya bisa mencapai Rp 70.000 sampai Rp 85.000 per kg. Jadi akan kembali ke harga normal kembali," tegas dia.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan sebelumnya juga berjanji akan menekan harga daging turun menjadi Rp 75 ribu per kg.

Target penurunan harga daging, diakui Gita akan dilakukan secepatnya melalui langkah akselerasi impor daging dalam bentuk bakalan maupun daging potong.

"Kami ingin akselerasi impor untuk sementara, apakah yang daging potong atau bakalan. Yang pasti hanya untuk tipe daging yang tidak bisa di substitusi dan di produksi di dalam negeri," ungkap dia.(Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini