Sukses

5 Komoditas Diprioritaskan dalam Percepatan Pembangunan

Pemerintah memprioritaskan 5 komoditas utama yang akan dikembangkan dalam koridor MP3EI yakni gula, kedelai, beras, jagung dan daging sapi.

Pemerintah memprioritaskan 5 komoditas utama yang akan dikembangkan dalam koridor Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yakni gula, kedelai, beras, jagung dan daging sapi.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan potensi lahan pertanian Indonesia sangat besar, namun belum terpetakan dengan baik. Oleh sebab itu, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan, tengah melakukan inventarisasi lahan.

"Dirjen PSP sedang menata lahan itu. Insyaallah kalau sudah, tentu akan kita umumkan," lanjut Suswono di Manado, Sabtu (5/5/2013).

Suswono menuturkan semua potensi lahan akan  diinventarisasi. Sehingga ada suatu kepastian untuk apa lahan itu dan siapa yg akan mendayagunakan.

Terkait dengan siapa yang bakal memanfaatkan, ia memastikan petani harus diprioritaskan untuk bisa memanfaatkan lahan tersebut.

"Lahan itu nanti terutama akan kita prioritaskan untuk menambah akses lahan para petani. Kalau ditawarkan ke petani tidak ada respons tentu akan ditawarkan ke investor. BUMN atau swasta, pokoknya perusahaan yang mau invest," pungkasnya.(Est/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini